Wajib Tahu! Inilah Asal-Usul Rendang Makanan Terenak Nomor Satu di Indonesia

Asal-Usul Rendang
Asal-Usul Rendang (Ilustrasi:MyFood)

Asal-Usul rendang makanan terenak nomor satu di Indonesia. Rendang ialah makanan khas dari Kota Minang, Sumatera Barat.

Kata rendang diambil dari bahasa minang yakni randang yang merujuk padak teknik memasak yang disebut marandang.

Hal ini memiliki arti bahwa marandang ialah prose mengolah dan memasak makanan dalam waktu yang lama sehingga hasil olahan masakan menjadi lebih kering.

Kuliner rendang tercipta dari hasil akulturasi dari budaya yang masuk ke Minang.

Proses akulturasi pada bumbu masakan ini kemudian berkembang sehingga mengalami modifikasi oleh masyarakat minang menjadi hidangan rendang.

Kuliner yang sejenis dengan rendang berasal dari India yaitu kuliner kari.

Bagi orang Minang, hidangan rendang tidak hanya sebagai masakan tetapi juga berkaitan erat dengan kebudayaan Minang.

Orang minang terkenal memiliki budaya merantau, yakni meninggalkan kampung halaman dan pergi menuju kampung halaman orang lain.

Pada saat merantau orang Minang akan membawa bekal berupa rendang untuk dimakan selama perjalanan.

Perjalanan untuk mencapai tujuan rantauan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga makanan rendang cocok untuk dijadikan bekal karena awet dan dapat bertahan lama.

Durasi masak rendang yang hingga berjam-jam lamanya ini merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh kebanyakan masakan lainnya.

Ternyata, bagi masyarakat Minangkabau hal ini mempunyai nilai filosofi tersendiri, yaitu tentang kesabaran, kebijaksanaan dan juga ketulusan hati.

Asal-usul rendang ini telah diduga sudah ada sejak abad ke-16. Dimana pada saat itu masyarakat Minang yang ada di wilayah darat biasa melakukan perjalanan menuju Selat Malaka hingga ke Singapura.

Perjalanan tersebut akan melewati sungai dan biasanya akan memakan waktu sekitar satu bulan.

Saat melakukan perjalanan, sangat susah untuk menemukan sebuah perkampungan.

Oleh karena itu, para perantau tadi menyiapkan bekal yang dapat bertahan lama. Bekal yang mereka bawa tersebut adalah rendang.

Perlu diketahui, rendang menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Delicious Food menurut survei CNN International pada tahun 2011.

Tak hanya itu, tahun 2018 rendang juga secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Exit mobile version