Fresh Graduate Mau Cepat Kerja? Coba Tips Ini

Fresh Graduate
Fresh Graduate (Ilustrasi:Jobstreet.com)

Tips bagi fresh graduate yang mau cepat dapat kerja. Bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan proses sidang hingga diwisuda, maka akan segera melalui fase baru dalam melanjutkan hidup seperti mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan memanglah menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi fresh graduate atau lulusan baru perguruan tinggi.

Dikutip dari Associate Director HRBP & Performance Fuse, ada tiga jarak yang menjadi pembeda antara fresh graduate dengan pekerjaan yang diinginkan.

Gap atau jarak tersebut adalah fresh graduate belum punya pengalaman riil di dunia kerja, kompetisi yang ketat dan tentang skill atau kemampuan.

Berikut ini tips buat kamu yang masih fresh graduate untuk bisa segera mendapat kerja, yuk segera persiapkan.

1. Membuat surat lamaran dan CV (curriculum vitae) yang menarik.

Buatlah CV dan surat lamaran yang menarik. Tahapan pertama saat melamar kerja adalah mengirimkan surat lamaran serta CV. Oleh karena itu, buat kamu yang mau melamar pekerjaan wajib untuk mempersiapkan surat lamaran dan CV terbaik dan menarik ya.

2. Aktif melamar kerja.

Banyaknya orang yang mencari pekerjaan, ternyata tak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Dengan kondisi ini, kamu harus sangat aktif melamar kerja ya. Jika kamu semakin sering melamar kerja disetiap lowongan, maka oeluang profilmu dilihat akan semakin banyak.

3. Lebih fokus dengan kualifikasi pekerjaan.

Buat kamu yang mau melamar kerja di sebuah perusahaan, cobalah untuk fokus melihat kualifikasi serta syarat dari lowongan pekerjaan yang tersedia dari perusahaan tersebut. Tak hanya itu, kamu juga harus mempersiapkan dan punya pengetahuan tentang perusahaan yang akan dilamar.

4. Memperluas jaringan atau networking.

Cobalah untuk memperluas networking atau jariangan kamu. Semakin kamu sering bertemu orang, maka akan semakin luas relasi kamu. Sehingga, bisa saja nantinya orang-orang tersebutlah yang akan membuka jalan kamu untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi-posisi pekerjaan yang baru.

Itulah empat tips yang bisa kamu coba dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk berusaha dan selalu berdoa. Selamat mencoba.

 

Exit mobile version