Waspada! Gunung Merapi Erupsi, Hujan Abu Mengguyur Boyolali hingga Klaten

Gunung Merapi kembali erupsi pada Minggu, 21 Januari 2024.
Gunung Merapi kembali erupsi pada Minggu, 21 Januari 2024. (Tangkapan Layar X/mordyancugkgk)

Gunung merapi kembali erupsi hari ini dan beberapa wilayah diguyur hujan abu.

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meluncurkan empat kali awan panas guguran pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Erupsi Merapi ini terjadi mulai dari pagi hingga sore.

Dampak dari kejadian ini adalah hujan abu yang terjadi di Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa erupsi terjadi sekitar pukul 14.12 WIB dengan kondisi angin bertiup ke arah timur.

Akun resmi BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) di media sosial mencatat bahwa erupsi ini terjadi dengan amplitudo maksimal sebesar 70 mm dan durasi selama 239.64 detik.

“Terjadi Erupsi di Gunung Merapi tanggal 21 Januari 2024 pukul 14:12 WIB, dengan Amplitudo max 70 mm. Durasi 239.64 detik, jarak luncur maksimal 2400 meter ke Barat Daya. Visual Gunung Merapi berkabut dan arah angin ke Timur,” tulis akun X @BPPTKG, 21 Januari 2024.

Warga sekitar diimbau oleh BPPTKG untuk menghindari aktivitas di luar ruangan hingga hujan abu mereda.

Hujan abu vulkanik turun sekitar pukul 14.30 WIB, melanda wilayah kecamatan Musuk, Tamansari, Cepogo, dan Boyolali Kota.

Berdasarkan informasi, hujan abu akibat erupsi gunung pada siang hari ini merupakan yang kedua kalinya terjadi, setelah kejadian serupa pada pagi hari sekitar pukul 08.45 WIB.

Namun, dampak hujan abu kali ini lebih luas dan intens. Desa-desa di sekitar Gunung Merapi terkena dampak lebih banyak dan abu yang turun terasa lebih tebal, bahkan bercampur dengan pasir halus.

Salah satu lokasi yang terdampak adalah kawasan wisata Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Hujan abu vulkanik menutupi area tersebut, meninggalkan jejak dampak erupsi yang patut diperhatikan oleh masyarakat setempat dan pihak berwenang.

Warga sekitar telah diimbau untuk tetap waspada dan tepat mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak berwenang setempat dalam menghadapi situasi ini.

Exit mobile version