Hari Kebangkitan Nasional 2023, Inilah Ucapan yang Menginspirasi untuk Membangun Bangsa yang Tangguh

Hari Kebangkitan Nasional 2023
Hari Kebangkitan Nasional 2023 (Foto: Canva by Indri 5)

Hari Kebangkitan Nasional 2023 adalah perayaan yang diperingati setiap tanggal 20 Mei di Indonesia.

Peringatan ini memiliki tujuan untuk mengenang sejarah pergerakan pemuda di Indonesia yang berjuang demi kemerdekaan dan kebangkitan bangsa.

Pada Sabtu, 20 Mei 2023, kita akan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sebagai momentum penting dalam sejarah kita.

Peringatan Harkitnas dipilih tanggal 20 Mei sebagai penghormatan kepada pendirian organisasi Boedi Oetomo pada tanggal yang sama pada tahun 1908. Boedi Oetomo adalah sebuah organisasi yang bergerak di berbagai bidang.

Organisasi Boedi Oetomo ini bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan tanpa melibatkan unsur politik. Anggotanya terdiri dari para cendekiawan terpelajar pada masa itu.

Organisasi Boedi Oetomo merupakan sebuah organisasi aktif yang didirikan oleh sekelompok cendekiawan Jawa yang saat itu merupakan mahasiswa dari STOVIA (School tot Opleiding Van Indische Artsen).

Para mahasiswa STOVIA memanfaatkan kebijakan politik etis yang diberikan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda untuk memperjuangkan perubahan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, kita dapat mengungkapkan semangat dan harapan melalui berbagai ucapan inspiratif.

Berikut adalah beberapa kumpulan ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang dapat menyemangati dan memotivasi kita semua:

  1. “Lama tersungkur bukan berarti harus terkubur. Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mari kita bangkit untuk bersatu.”
  2. “Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023. Saatnya bangkit dan maju agar kita semakin mencintai tanah air kita.”
  3. “Tidak pernah terlambat untuk bangkit. Sejarah akan selalu mengajarkan kita bahwa bangsa ini mempunyai kekuatan untuk menjadi lebih baik lagi.”
  4. “Jadilah pemuda Indonesia yang tangguh dan bertekad kuat! Saatnya bangkit untuk tetap terus maju, membawa berkah dan manfaat bagi bangsa dan negara.”
  5. “Jangan biarkan kekuasaan memburamkan dan mengaburkan jejak sejarah. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!”
  6. “Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023! Ayo kita bangkit bersama membangun Indonesia menjadi lebih sejahtera dan makmur!”
  7. “Ayo bangkit bersama menjadi bangsa yang tangguh! Selamat Hari Kebangkitan Nasional!”
  8. “Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2023, marilah kita menjadi penggerak seperti Budi Utomo, wahai pemuda Indonesia!”
  9. “Akhiri semua keributan, mulailah menghidupkan semangat. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!”
  10. “Selamat Hari Kebangkitan Nasional! Ayo bangkit bersama mewujudkan bangsa yang tangguh!”

Melalui ucapan-ucapan ini, kita mengingatkan diri sendiri dan orang lain tentang pentingnya semangat kebangkitan dan perjuangan untuk mencapai kemajuan. Hari Kebangkitan Nasional bukan hanya sekadar tanggal dalam kalender