Menang Lawan Persis, Persija Kehilangan Pemain Andalan Abdulla Yusuf

 

JAKARTA – Meski menang 2-1 atas Persis Solo namun Persija Jakarta kehilangan pemain andalannya Abdulla Yusuf. Pemain yang baru saja dibeli Persija itu ditarik keluar karena alami cedera pinggang belakang.

Abdulla Yusuf sendiri baru saja menjalani debutnya bersama Persija.

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengungkakan bahwa pemain anyarnya Abdulla Yusuf Helal mengalami cedera saat memperkuat timnya di laga kandang Persija kontra Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022).

Di pertandingan pekan kedua Liga 1 musim 2022/2023 yang berhasil dimenangkan oleh Persija 2-1 tersebut Abdulla Yusuf Helal dimainkan di babak kedua.

Kabar Abdulla Yusuf Helal mengalami cedera tersebut disampaikan langsung oleh Pelatih Persija, Thomas Doll seusai pertandingan. Juru taktik asal Jerman itu berujar, Yusuf mengalami cedera pada pinggang bagian belakang.

Thomas Doll belum bisa berbicara banyak mengenai kondisi pemain berpostur tinggi 194 cm itu. “Ada masalah dengan bagian pinggang setelah pertandingan, dan akan diobrolkan dengan tim dokter” kata Thomas Doll selepas pertandingan.

Mantan pelatih Borussia Dortmund musim 2007/2008 itu pun mengatakan bahwa sejak awal sengaja tak memasukkan Abdulla Yusuf Helal di kesebelasan utama.

Striker Tim Nasional Bahrain itu masuk ke lapangan pada menit ke-65 setelah Hanif Abdurrauf Sjahbandi ditarik keluar.

Di sisi lain kemenangan perdana dibawah pelatih Thomas Doll diraih Persija Jakarta usai menghempaskan Persis Solo dengan skor 2-1 dalam duel pekan kedua Liga 1 2022/2023, Minggu (31/7/2022). Hasil ini membuat skuad macan kemayoran optimistis.

Sejak babak pertama Persija sudah tampak dominan meski Persis tak mau tertekan dan berusaha mengimbangi. Di babak kedua pertandingan berlangsung ketat.

Dua gol kemenangan Persija dicetak oleh Hanno Berens dan Frengky Missa di babak pertama. Persis kemudian membalas melalui Samsul Arif di babak kedua.

Pada laga tersebut Persija langsung menekan sejak menit-menit awal pertandingan. Persija mendapatkan banyak ruang kosong untuk membangun serangan. Namun banyak juga yang kandas.

Persis bukan tak mengimbangi. Mereka berusaha keluar dari tekanan persija. Sayangnya menit ke-14, Persija membuka keunggulan melalui Hanno Berens. Umpan terobosan Syahrian Abimanyu membelah pertahanan lawan, Berens mendorong bola melalui celah kaki Riyandi dan terciptalah gol untuk Persija.

Unggul satu gol membuat Persija bermain kian lepas. Serangan-serangan Persija tampak terukur, sayangnya eksekusi akhir kurang maksinal.

Menit ke-44, Persija menemukan gol kedua. Lini belakang Persis membuat kesalahan, bola liar di sisi kanan gawang diambil Frengky Missa yang kemudian tinggal mengirim sepakan kaki kiri melengkung. Gol! Persija 2-0 Persis.

Babak kedua, Persis keluar dari tekanan Persija dan sesekali melakukan serangan balasan. Hingga akhirnya Persis berhasil mencetak gol di menit ke-48.

Persija kehilangan bola di area berbahaya, serangan cepat Althaf di sisi kanan disambut Samsul Arif dengan tembakan terarah. Persija 2-1 Persis.

Gol ini membuat Persis bermain kian berani. Hingga menit ke-60, Persis mendapatkan lebih banyak ruang untuk menyerang. Sejumlah peluang tercipta.

Biar begitu, Persija bermain cukup baik untuk mempertahankan keunggulan. Memasuki menit ke-70, Persija mulai mengambil kontrol kembali.

Memasuki 10 menit akhir, Persija beberapa kali mendapatkan peluang menembak, tapi Persis bisa bertahan sebaik mungkin. Tidak ada gol tambahan tercipta, skor 2-1 untuk kemenangan Persija.(SW)