Tips Mengatur Keuangan dengan Tepat dan Cerdas

Tips Mengatur Keuangan
Tips Mengatur Keuangan (Foto:Canva)

Tips mengatur keuangan dengan tepat dan cerdas. Mengatur keuangan tentu saja harus disesuaikan dengan penghasilan serta berbagai pos pengeluaran di dalam nya.

Cara mengatur keuangan untuk rumah tangga jelas akan berbeda dengan cara mengatur keuangan untuk pribadi. Mungkin ada beberapa dari kamu yang masih bingung dengan cara mengelola keuangan yang baik dan tepat. Untuk lebih jelasnya, ikuti tips mengatur keuangan berikut ini.

1. Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan ini sebaiknya kamu buat di awal bulan atau sebelum mulai membelanjakan penghasilan yang kamu peroleh.

Usahakan untuk selalu mencatat pengeluaran rutin kamu, mulai dari setiap pengeluaran yang sudah dicatat tersebut mulailah untuk membuat skala prioritas.

Jangan lupa juga untuk selalu membuat atau mencatat untuk anggaran dana darurat sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak terduga.

2. Menyisihkan Penghasilan untuk Ditabung

Menabung itu adalah salah satu hal yang wajib dan pemikiran seperti ini harus kamu tanamkan dan terapkan. Usahakan jangan menabung dari sisa penghasilan, tetapi sisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung di awal bulan.

3. Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Bagi kamu yang memiliki kartu kredit, usahakan untuk menggunakannya secara bijak. Cobalah untuk menggunakan kartu kredit saat belanja dengan nominal besar atau saat watu terdesak saja.

Jangan lupa juga untuk memilih penyedia kredit yang bunganya rendah dan memiliki kebijakan yang meringankan.

4. Membuat Rincian atau Laporang Pengeluaran Harian

Setiap pengeluran usahakan kamu harus mencatatnya dan kamu juga harus rajin mencatat pengeluaran harian kamu. Dengan adanya laporan keuangan harian ini bisa menjadi alat kontrol pengeluaran kamu dan menghindari untuk membeli sesuatu yang belum penting.

5. Mulai Menyisihkan Penghasilan untuk Investasi

Tak hanya menyisihkan penghasilan untuk tabungan, kamu juga harus menyisihkan untuk investasi. Cobalah untuk alokasikan dana setidaknya 10-20% dari penghasilan untuk investasi.

Investasi merupakan salah satu aktivitas keuangan yang kelak bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di dalam keuangan kamu.

6. Buat Dua Rekening

Dengan memiliki dua atau lebih dari satu rekening bank ini tentu saja bisa membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih mudah.

Seperti, satu rekening untuk tabungan dan satu rekening lagi untuk menerima gaji hingga memenuhi kebutuhan bulanan.
Usahakan juga untuk mencari dan memilih bank yang biaya adminnya rendah atau bahkan tidak ada biaya admin sama sekali ya.