Fakta atau Mitos? Inilah Arti Kedutan Mata Kanan Atas

Arti Kedutan Mata Kanan Atas
Arti Kedutan Mata Kanan Atas (Foto:Canva)

Arti kedutan mata kanan atas. Kedutan mata yang datang secara tiba-tiba ini memang tidak jarang sangat mengganggu. Apalagi jika saat itu terjadi dengan durasi yang cukup lama dan di waktu-waktu produktif atau istirahat kamu.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang percaya mengalami kedutan mata kanan atas akan mengalami kebahagian di masa yang akan datang.

Namun, tahukah kamu jika dilihat dari sisi medis saat kamu mengalami kedutan mata kanan atas ini menandakan bahwa kesehatan mata yang serius.

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis dan Primbon Jawa

  • Menurut Medis

Dalam istilah kesehatan ataupun medis, kedutan mata ini dikenal dengan istilah lid myokymia atau kejang kelopak mata yang bisa terjadi di luar kendali.

Hal ini merupakan salah satu hal yang serinf terjadi dan sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan apabila tidak berlangsung secara terus-menerus.

Menurut beberapa sumber menyebutkan, bahwa kondisi ini bisa disebabkan karena faktor kurang tidur hingga stres. Maka dari itu, tidur yang cukup adalah salah satu kunci penting untuk mengatasinya.

Tak hanya itu, ternyata kekurangan magnesium juga bisa menjadi salah satu pemicunya kondisi tersebut. Kemudian, bagi sebagian orang yang berusia di atas 50 tahun kondisi ini menjadi hal yang lebih umum terjadi.

Kedutan pada kelopak mata ini juga bisa dipicu oleh adanya alergi. Jika karena alergi, biasanya akan disertai dengan gejala mata bengkak, gatal hingga berair. Karena menggosok mata dapat melepaskan histamin pada jaringan kelopak dan air mata yang menyebabkan terjadinya kedutan.

  • Menurut Primbon Jawa

Lantas bagaimana dengan menurut primbon? Dalam primbon Jawa, setiap terjadi kedutan kelopak mata ini ternyata ada artinya, baik arti baik maupun buruk.

Sebenarnya hal ini bertujuan untuk membuat kamu lebih waspada dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa arti kedutan mata menurut primbon jawa, yaitu:

1. Akan Mendapatkan Rezeki yang Banyak

Menurut R. Gunasasmita dalam Kitab Primbon Jawa Serbaguna menyebutkan bahwa, terjadinya kedutan pada kelopak mata kanan atas ini akan menunjukkan hal yang baik. Dimana, salah satu artinya adalah akan adapertanda rezeki dalam jumlah yang banyak.

2. Akan Mendapat Keuntungan

Dikutip dari buku Tafsir 1672 Mimpi (Tengok Arti Mimpimu) (2009) oleh D. Raditya, kedutan pada kelopak mata kanan atas ini menandakan hal baik lain berupa datangnya keuntungan bagi siapa saja yang mengalaminya.

3. Akan Mendapatkan Kesedihan yang Mendalam

Tak hanya pertanda baik, ternyata menurut primbon jawa arti kedutan mata kanan ini bisa menjadi pertanda adanya kesedihan yang mendalam.

Sudah banyak orang yang menafsirkan kedutan ini sebagai sebuah kesedihan di masa yang akan datang. Hal ini diyakini bahwa kamu akan mengeluarkan air mata karena duka cita yang mendalam.

Exit mobile version