Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar
Cara Membuat CV yang Baik dan Benar (Foto:Canva)

Cara membuat CV yang baik dan benar ini harus menjadi pengetahuan dasar sebelum kamu akan melamar pekerjaan.

CV atau Curriculum Vitae ini merupakan sebuah dokumen yang digunakan pelamar kerja untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka.

Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae ini mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini beberapa isi format CV yang sering kita temui, yaitu:

  1. Identitas diri, bagian ini berisi tentang nama lengkap, nomor telepon, email dan alamat yang bisa dihubungi.
  2. Personality, bagian ini berisi tentang gambaran karakter diri.
  3. Pendidikan, bagian ini berisi tentang informasi mengenai pendidikan terakhir, IPK, maupun jurusan yang ditempuh.
  4. Keterampilan, bagian ini berisi tentang keterampilan yang dimiliki.
  5. Pengalaman Kerja, bagian ini berisi tentang pengalaman kerja yang sudah dilalui sebelum melamar pekerjaan yang baru.
  6. Training atau Pelatihan, bagian ini berisi tentang macam-macam pelatihan yang telah diikuti selama kurang lebih 3 tahun terakhir.
  7. Informasi lain, bagian ini berisi tentang berbagai hal yang bisa diunggulkan, mulai dari hobi, referensi ataupun hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.
  8. Tentukan dan buatlah desain CV semenarik mungkin.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Setelah mengetahui isi format yang perlu dicantumkan dalam sebuah CV, berikut ini cara membuat CV yang baik dan benar, yaitu:

  1. Memasukkan Identitas Diri

Identitas diri ini sangat dibutuhkan dalam CV, hal ini bertujuan agar perusahaan yang kamu lamar mengetahui tentang siapa diri kamu.

Umumnya, identitas diri yang dimasukkan adalah nama lengkap, nomor telepon, email, alamat, dan media sosial serta jangan lupa juga memberikan foto dengan pakaian yang sopan di dalam CV yang kamu buat.

  1. Memasukkan Jenjang Pendidikan

Jenjang pendidikan ini menjadi salah hal informasi penting yang perlu dicantumkan di dalam CV. Jenjang pendidikan ini bisa menjadi salah satu penilaian HRD perusahaan, seperti apakah pendidikan yang anda miliki sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja yang anda lamar atau tidak.

  1. Memasukkan Pengalaman Kerja

Sebuah perusahaan akan lebih menyukai pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Semakin banyak pengalaman kerja atau semakin lama kamu bekerja di sebuah perusahaan, tentu saja kamu akan memiliki nilai tambah di mata perusahaan.

  1. Memasukkan Pengalaman Organisasi

Jika selama menempuh pendidikan, kamu bergabung dengan organisasi maka sebaiknya dimasukkan ke dalam  CV. Dengan memasukkan pengalaman organisasi tentu saja ini akan memberikan nilai tambah.

Nah, buat kamu yang tidak ikut organisasi bisa memasukkan pengalaman sebagai panitia atau volunteer.

  1. Memasukkan Keahlian yang Dimiliki

Jangan lupa juga untuk memasukkan keahlian kamu ke dalam CV, karena poin ini bisa menambah kualitas dari CV itu sendiri.

  1. Tuliskan Capaian Hingga Penghargaan yang Pernah Diraih

Jika kamu mempunyai capaian khusus, maka itu akan menjadi sebuah nilai lebih. Usahakan untuk menulis capaian atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana dan seberapa besar pengaruhnya.

  1. Tuliskan secara Singkat, Padat, dan Jelas

Jika kamu sudah melengkapi cara membuat CV yang baik dan benar dengan lengkap, pastikan bahwa kamu bisa menjelaskannya secara singkat, padat dan jelas. Usahakan juga untuk menggunakan kata yang kaya makna, cerdas maupun efisien.