Pneumonia Bisa Dicegah, Ikuti 5 Cara Ini!

Cara Mencegah Pneumonia
Cara Mencegah Pneumonia (Ilustrasi:MedicineNet)

Cara mencegah Pneumonia. Pneumonia ini terjadi ketika kantung udara paru-paru terisi dengan cairan seperti nanah yang kemudian berubah menadi padat.

Hal ini kemudian akan menghambat pernafasan dan memperburuk gejala kekebalan. Pneumonia sendiri merupakan peradanganpada paru-paru yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Pneumonia ini dapat menyerang kelompok tertentu seperti perokok, anak-anak usia di bawah 5 tahun, orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, jantung, atau asma, serta orang dewasa yang berusia di atas 65 tahun.

Terdapat beberapa cara untuk mencegah pneumonia yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan Vaksinasi

Vaksin merupakan salah satu cara mencegah adanya infeksi dari virus ataupun bakteri penyebab pneumonia. Jenis vaksin pneumonia yang digunakan bagi orang dewasa berbeda dengan anak-anak.

Jenis vaksin yang digunakan yaitu Influenza, Campak, Pertusis, peneumokokus, Varicella, atau Haemophillus Influenzae Tipe B (Hib).

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Hal ini dapat dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat, seperti beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mempercepat pemulihan ketika seseorang terkena penyakit pernapasan seperti batuk dan pilek.

Selain itu kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat memicu penurunan daya tahan tubuh sehingga rentan terinfeksi penyakit termasuk pneumonia.

3. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan cara yang paling utama untuk mencegah penyebaran infeksi. cara menjaga kebersihan paling sederhana yaitu dengan mencuci tangan.

Biasakan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer setelah beraktivitas.

Hal sederhana yang dapat dilakukan yaitu menerapkan etika batuk dan bersin dengan menutup mulut.

4. Tidak Merokok

Kebiasaan merokok ataupun terkena paparan asap rokok dapat membuat paru-paru rusak sehingga lebih rentan terkena infeksi.

5. Menggunakan Alat Pelindung Diri

Gunakan alat pelindung diri ketika berada di lingkungan dengan paparan polusi udara yang tinggi atau saat bekerja di pabrik.

Selain itu penggunaan masker juga dapat membantu mencegah penularan penyakit. dengan demikian gunakan masker saat sedang flu atau saat mengunjungi orang sakit.

Exit mobile version