Cara Menyalakan Arang dengan Cepat Untuk Tahun Baru

Cara Menyalakan Arang dengan Cepat Untuk Tahun Baru
Cara Menyalakan Arang dengan Cepat Untuk Tahun Baru (Foto:Canva)

Cara menyalakan arang dengan cepat untuk acara tahun baru. Menjelang pergantian tahun, tentu saja rencana liburan tahun baru mungkin sudah tebersit dalam pikiran kamu.

Buat kamu yang berencana merayakan tahun baru dengan acara bakar-bakaran, maka ketahui dulu cara menyalakan arang yang cepat dan tepat.

Arang sendiri menjadi elemen yang penting dalam proses memanggang makanan. Arang diketahui dapat menghasilkan bara api yang akan membuat makanan memiliki cita rasa yang khas dan nikmat.

Di era modern, arang masih saja tetap digunakan sebagai bahan bakar pemasak makanan dalam kegiatan luar seperti untuk memasak barbeque, ayam bakar  atau sate.

Bagi kamu para pemula, mungkin akan kebingungan bagaimana cara menyalakan arang yang benar tanpa harus membuat kekacauan.

Walaupun memang sedikit rumit, tapi dnegan membakar-bakar daging, jagung maupun makanan lainnya menggunakan arang, akan memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan bila membakarnya di kompor gas ataupun listrik.

Oleh sebab itu, hingga saat ini banyak yang memilih metode membakar makanan menggunakan arang.

Inilah tips cara menyalakan arang dengan cepat, yaitu:

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu alat pemanggang atau pembakaran serta arang kayu.
  • Bersihkan terlebih dahulu wadah pemanggang dari kotoran seperti bekas arang, abu dan debu. Kamu juga perlu memastikan bahwa alat panggangan yang akan kamu gunakan ini tidak basah dan bebas dari segala kotoran.
  • Tumpuklah arang membentuk segitiga atau piramida, karena dengan menata arang seperti piramida akan membantu api menyebar dengan cepat secara merata.
  • Untuk bisa mempercepat proses penyebaran api, letakkan koran bekas yang kamu punya di atas arang.
  • Kemudian, siram arang dan koran bekas dengan minyak sayur.
  • Nyalakan api dan usahakan arahkan ke koran.

Jika kamu ingin memanggang daging, aturlah arang menjadi dua sisi dan dalam bentuk berbeda, yaitu satu dengan tumpukkan arang tinggi dan satu lebih rendah.

Jangan lupa juga untuk meletakkan daging mentah di atas arang yang tinggi. Apabila warna bagian luar daging sudah berubah kecokelatan, maka segera pindahkan ke bagian arang yang lebih rendah.