Cara Naik LRT Jabodebek yang Baru Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Cara naik LRT Jabodebek yang menerapkan pembayaran nontunai dengan menggunakan kartu elektronik seperti KMT KAI dan berbagai jenis e-money.
Cara naik LRT Jabodebek yang menerapkan pembayaran nontunai dengan menggunakan kartu elektronik seperti KMT KAI dan berbagai jenis e-money. (Instagram/lrt_jabodebek)

Cara naik LRT Jabodebek yang diresmikan oleh Presiden Jokowi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang pada pagi hari Senin (28/8).

Hal ini membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba moda transportasi baru ini mulai pukul 14.00 WIB.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan bahwa proses naik LRT Jabodebek mengikuti langkah-langkah yang umum pada moda transportasi massal.

EVP Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menyatakan bahwa ada dua jalur perjalanan LRT, yaitu Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan jalur Bekasi yang melalui Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP.

LRT ini terhubung dengan 18 stasiun yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Diperkirakan ada 434 perjalanan LRT Jabodebek setiap harinya. Agus menjelaskan bahwa satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Terdapat 31 rangkaian kereta yang telah disiapkan, dengan 27 diantaranya untuk operasional dan 4 rangkaian cadangan.

Masing-masing rangkaian LRT Jabodebek terdiri dari 6 kereta.

Meskipun saat ini hanya ada 12 rangkaian yang tersedia, KAI berencana untuk menambah jumlah tersebut seiring waktu.

Agus menjelaskan bahwa saat beroperasi penuh, LRT Jabodebek akan beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Cara Naik LRT Jabodebek

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk naik LRT Jabodebek:

1. Siapkan kartu uang elektronik

LRT Jabodebek menerapkan pembayaran nontunai dengan menggunakan kartu elektronik seperti KMT KAI dan berbagai jenis e-money lainnya.

Jika tidak memiliki saldo atau kartu elektronik, stasiun LRT Jabodebek juga menyediakan mesin penjualan tiket dan loket untuk pengisian ulang saldo.

2. Tap in di gate

Setelah memiliki kartu uang elektronik atau dompet digital, penumpang harus melakukan tap in di gate stasiun keberangkatan.

Setelah berhasil, penumpang dapat menuju peron sesuai dengan tujuan perjalanan.

3. Tetap tertib di dalam LRT Jabodebek

Saat kereta tiba, penumpang dapat masuk ke gerbong dengan tertib. Agus menyarankan agar penumpang yang turun pertama kali didahulukan.

4. Tap out di stasiun tujuan

Sesampainya di stasiun tujuan, penumpang harus melakukan tap out di gate yang tersedia. Saldo kartu uang elektronik atau dompet digital akan otomatis terpotong

KAI telah memasang gate tipe turnstile dan tipe wide di setiap stasiun LRT Jabodebek, termasuk juga fasilitas untuk pelanggan disabilitas.

Stasiun LRT Jabodebek terhubung dengan berbagai moda transportasi lainnya seperti commuterline, MRT Jakarta, TransJakarta, dan banyak lagi, membuatnya menjadi alternatif menarik untuk mobilitas di wilayah Jabodebek.