Macam-Macam Bullying atau Perundungan, Kamu Harus Tahu!

Macam-Macam Bullying
Macam-Macam Bullying (Ilustrasi:DiarioelMundo)

Macam-macam bullying atau perundungan. Apa itu bullying? Dikutip dari laman Unicef, bullying merupakan suatu tindakan penggunaan kekuasaan dengan tujuan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang.

Perundungan atau bullying ini bisa dilakukan baik secara verbal, fisik hingga psikologis yang dapat membuat korban menjadi merasa tertekan, trauma serta tak berdaya.

Macam-Macam Bullying

Berikut ini ada lima macam-macam bullying atau perundungan yang perlu kamu ketahui dan kamu waspadai, yaitu:

1. Bullying atau perundungan secara fisik

Perundungan atau bullying seacra fisik ini merupakan suatu tindakan penindasan yang dilakukan dengan cara melibatkan fisik.

Perundungan secara fisik ini seperti memukul, menendang, mencubit, mendorong hingga menghancurkan barang milik orang lain.

Contohnya, dengan cara melukai tubuh seseorang sehingga akan menyebabkan efek jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Bulliying atau perundungan secara verbal

Bullying secara verbal ini merupakan suatu intimidasi menggunakan kata atau ucapan baik secara tertulis atau terucap. Contohnya, memanggil nama dengan cara yang tidak pantas, mengejek, menghina hingga mengancam.

3. Bullying atau perundungan secara sosial

Perundungan yang dilakukan secara sosial ini seperti melakukan suatu penindasan yang bisa merusak sebuah reputasi atau hubungan seseorang. Contoh dari intimidasi secara sosial adalah berbohong, menyebarkan rumor negatif, mempermalukan seseorang hingga mengucilkan seseorang.

4. Cyberbullying atau perundungan di dunia maya

Cyberbullying ini merukapan suatu perilaku intimidasi dan perundungan yang dilakukan dengan cara teknologi digital. Contoh perundungan di dunia maya adalah dengan mengunggah gambar maupun video yang tidak pantas, menyebar gosip secara online hingga menggunakan suatu informasi orang lain di media sosial atau dunia maya.

5. Bullying atau perundungan secara seksual

Bullying secara seksual ini merupakan suatu tindakan yang sangat berbahaya dan bisa memalukan seseorang secara seksual. Contohnya, melakukan pemanggilan nama seksual atau istilah lainnya adalah cat-calling, gerakan vulgar, menyentuh hingga materi pornografi.

Jadi, bullying ini merupakan segala bentuk penindasan maupun kekerasan yang bisa dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.