Rayakan “Children’s Book Day”: Ini 5 Perpustakaan Top di Jakarta

Rayakan Children's Book Day
Ilustrasi International Children's book day. (Foto: Canva)

Hainews.co.id – Rayakan Children’s Book Day atau Hari Buku Anak Internasional menjadi momen penting untuk meningkatkan literasi anak sebagai upaya menginspirasi kecintaan membaca buku pada anak-anak, maka setiap tahunnya pada tanggal 2 Apri ditetapkan sebagai Hari Buku Anak Internasional.

Tahun ini, Hari Buku Anak Internasional atau Children’s Book Day diperingati dengan mengangkat tema ‘Menyeberangi Lautan di Sayap Imajinasi Anda’.

Peringatan Children Book Day menjadi sangat penting bagi anak-anak agar mengenal kegiatan terkait literasi.

Literasi perlu diperkenalkan kepada anak-anak sedini mungkin, sehingga kecintaan membaca buku akan tumbuh secara perlahan. Hal ini juga sebagai cara membawa kesadaran pentingnya membaca kepada anak untuk membentuk mindset mereka.

Ada begitu banyak ide yang bisa dilakukan untuk memperingati Children Book Day ini. Mulai dari memperkenalkan buku bacaan kepada anak atau mengajak anak membaca buku di taman.

Mengapa membaca buku di taman? Hal ini karena anak-anak sangat menyukai tempat bermain yang sangat dekat dengan alam dan menyenangkan.

Selain itu, kegiatan peringatan perayaan literasi kepada anak-anak ini juga bisa dilakukan di perpustakaan.

Di Kota Jakarta sendiri, ada begitu banyak perpustakaan yang sangat cocok untuk kegiatan dimaksud. Berikut ini 5 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi saat rayakan Children’s Book Day

1. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional/Perpusnas yang

berada di Jalan Medan Merdeka Selatan. No.11, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat ini memiliki banyak koleksi. Ribuan koleksinya baik dalam bentuk naskah, buku, monograf, rekaman suara, bahan kartografi, sumber elektronik, hingga bentuk mikro.

Ada banyak kegiatan literasi seperti diskusi, gelar wicara, hingga nobar film yang diadakan di Perpusnas ini. Lokasinya cukup strategis dan bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi umum seperti busway.

2. Perpustakaan Umum Daerah Jakarta

Lokasinya terletak di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini baru diaktifkan kembali pada tahun 2022 setelah direstorasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pengelola perpustakaan yang menghadirkan banyak program dan kegiatan menarik, membuat perpus ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Anak-anak dapat diajak bereksplorasi soal literasi di Perpus yang satu ini. Perpus Jakarta juga memiliki lebih dari 190.000 eksemplar buku yang terdiri atas 38.000 judul buku.

3. Perpustakaan Kemendikbud

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud) pun ternyata memiliki perpustakaan modern yang koleksinya lengkap. Perpus Dikbud ini memiliki sekitar 200.000 koleksi buku baik cetak, buku digital, jurnal, jurnal elektronik, koran, majalah, dan lainnya.

4. Perpustakaan Erasmus Huis

Sebuah perpustakaan yang digunakan sebagai Pusat Kebudayaan Belanda, dengan ribuan koleksi bacaan berbahasa Inggris. Bagi anda yang ingin membangun kebiasaan anak anda dengan mengakses sumber bacaan berbahasa asing, perpustakaan ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ada ribuan judul buku yang bisa dinikmati para penggemar literasi di perpustakaan ini. Di beberapa ruangan gedung perpustakaan ini, juga dilengkapi dengan koleksi surat kabar, majalah, hingga literatur Belanda.

5. Perpustakaan Jakarta Cikini

Fasilitas berupa ruang baca yang ikonik, bilik privasi, ruang diskusi dan ruang podcast membuat perpustakaan ini berbeda dengan perpustakaan lainnya di Kota Jakarta.

Agenda literasi seperti pameran, talk show, bedah buku, dan sebagainya kerap mewarnai pemandangan di kawasan dan di dalam area perpustakaan ini. Pengunjung juga dapat mengakses dan membaca koleksi buku di perpustakaan ini secara gratis.

Selain itu, ada juga corner yang dikhususkan untuk anak-anak bisa mengekspresikan dirinya bersama buku bacaan anak. Sehingga sangat cocok untuk mengajak anak-anak mengikuti kegiatan literasi di tempat ini.

Adapun jam bukanya pada Jumat – Minggu pukul 09.00–20.00 WIB dan pada Senin – Kamis jam 09.00–17.00 WIB.

Itulah 5 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi dalam rangka rayakan Children’s Book Day (Hari Buku Anak Internasional ) Tahun 2024 ini. Selamat merayakan!.