5 Suplemen yang Dibutuhkan untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Suplemen yang Dibutuhkan untuk Usia 50 Tahun ke Atas
Suplemen yang Dibutuhkan untuk Usia 50 Tahun ke Atas (foto canva)

hainews.co.id – Suplemen Usia 50-an ke atas punya kebutuhan nutrisi tertentu untuk menunjang masa tua. Untuk jadi pertimbangan suplemen apa yang diperlukan, berikut rekomendasi suplemen untuk usia 50 tahun ke atas.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan otak. Nakeisha Rodgers, ahli penyakit dalam dan geriatri, mengatakan bahwa vitamin B12 penting untuk komunikasi sel otak. “Sel membutuhkannya untuk berfungsi,” kata Rodgers, seperti dikutip dari Parade. Pangan sumber vitamin B12 yang baik antara lain daging, ikan, produk unggas, dan susu. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 jika perlu.

  1. Kalsium

Kalsium banyak terdapat pada kedelai, sayuran hijau, sarden, salmon, dan produk susu. Kini kalsium juga dapat diperoleh dari konsumsi suplemen. Kalsium sangat penting untuk memprioritaskan kesehatan tulang. Kalsium sitrat, khususnya, merupakan salah satu suplemen yang berkontribusi langsung terhadap kesehatan tulang. “Kalsium sitrat lebih baik untuk Anda daripada kalsium karbonat karena kalsium karbonat meningkatkan risiko batu ginjal,” jelas Cynthia Lorena Aguirre Valdivieso, asisten profesor di Section of Gerontology and Geriatric Medicine, Department of Internal Medicine di Wake Forest School of Medicine.

  1. Vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium. Tak hanya tulang sehat, kecukupan vitamin D juga menjauhkan orang dari jenis kanker tertentu dan menurunkan risiko Alzheimer hingga 40 persen. Tak banyak makanan yang mengandung vitamin D. Mengutip Livestrong, vitamin D dapat diperoleh dari ikan berlemak, produk susu, atau sereal fortifikasi. Oleh karenanya, bisa dipertimbangkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dari suplemen makanan.

  1. Serat

Serat penting di semua usia dan semakin penting saat usia 50-an ke atas. Valdivieso berkata, serat bermanfaat bagi seluruh tubuh termasuk sistem pencernaan, otak, dan jantung. Pola makan tinggi serat terbukti menurunkan risiko Alzheimer. Selain itu, serat juga merupakan nutrisi utama untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  1. Melatonin

Para lansia kerap mengeluhkan susah tidur. Susah tidur bahkan sudah terasa sejak usia 50-an. Masalah ini bisa diatasi salah satunya dengan konsumsi suplemen melatonin. “Ini adalah analog dari [hormon melatonin] yang dibuat secara alami oleh tubuh kita,” kata Rodgers.

Menjaga kesehatan di usia senja memerlukan perhatian khusus terhadap asupan nutrisi. Dengan mempertimbangkan suplemen yang tepat, Anda bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar.