Cari Tahu Disini! Apa Itu Demokrasi dan Bagaimana Sejarahnya

Apa Itu Demokrasi
Apa Itu Demokrasi (Ilustrasi:WebQuestCreator2)

Apa itu demokrasi? Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu Demos dan  Kratos. Arti dari kata Demos adalah khalayak atau rakyat, sementara Kratos artinya adalah pemerintahan.

Demokrasi ini merupakan suatu gagasan atau pandangan hidup yang selalu mengutamakan antara hak maupun kewajiban serta perlakuan yang sama bagi seluruh warga negaranya.

Sehingga, apa itu demokrasi ini menjadi sebuah bentuk pemerintahan yang dimana semua warga negaranya memiliki hak yang sama dalam pengambilan suatu keputusan yang dapat merubah hidupnya.

Dengan adanya ini, dapat membuat warga bisa ikut andil secara langsung atau bisa melalui perwakilan dalam sebuah perumusan, pembuatan hingga pengembangan hukum.

Ada dua bentuk yang perlu kamu, yaitu sistem presidensial dan parlementer. Dimana sistem presidensial ini digunakan dalam pemilihan Presiden secara langsung melalui kegiatan pemilu. Sedangkan, sistem parlementer ini menggunakan dua sistem, yaitu kekuasaan eksekutif dan juga kekuasaan legislatif.

Sejarah 

Menurut sejarahnya,  di Indonesia ini pada awal kemunculannya sudah mengalami perubahan beberapa fase hingga saat ini.

Menurut beberapa sumber, hal ini telah dimulai sejak awal abad ke 20. Dimana pada saat itu Indonesia masih dijajah oleh negara Belanda.

Demokrasi di Indonesia ini umumnya dibagi menjadi dua, yaitu sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan. Sehingga, berdasarkan periodenya ini di Indonesia dibagi menjadi empat periode, yaitu :

  • Periode 1945 sampai 1959, periode ini memberlakukan sebuah sistem parlementer, yaitu badan eksekutif yang terdiri dari Presiden dengan menteri yang memiliki tanggung jawab dalam politik.
  • Periode 1959 sampai1965, periode ini dikenal dengan demokrasi terpimpin.
  • Periode 1965 sampai 1998, periode ini dikenal dengan Demokrasi Pancasila.
  • Periode pasca Orde Baru, yaitu periode saat ini yang dikenal dengan periode reformasi dari demokrasi Pancasila.

Ciri-Ciri 

Adanya demokrasi ini memiliki tujuan agar kebutuhan masyarakat umum bisa terpenuhi. Sehingga, saat pengambilan suatu kebijakan negara ini bergantung pada keinginan hingga aspirasi rakyat.

Sebuah negara dianggap sudah menerapkan sistem demokrasi jika telah memenuhi ciri-ciri sebagai berikut, yaitu:

  1. Memiliki perwakilan rakyat di negaranya.
  2. Keputusannya berlandaskan terhadap aspirasi dan kepentingan warga negara.
  3. Menerapkan ciri konstitusional.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pemilihan umum.
  5. Terdapat sistem kepartaian di dalamnya.