Apa Itu Pardon Me? Bahasa Gaul yang Viral di TikTok

Apa Itu Pardon Me
Apa Itu Pardon Me (Foto:Canva)

Pardon me saat ini menjadi salah satu istilah bahasa Gaul yang berasal dari bahasa Inggris yang sering digunakan akhir-akhir ini.

Kata pardon ini sering digunakan oleh pengguna TikTok, dimana meraka sering kali mencantumkan kata tersebut pada konten mereka, baik di caption maupun di dalam video.

Lalu, apa arti pardon? Dalam bahasa Inggris, pardon ini mempunyai arti yang sama dengan sorry, yaitu “maaf” atau “maafkan saya”.

Secara umum, istilah ini dipakai saat seseorang hendak meminta maaf secara lebih sopan kepada lawan bicaranya.

Salah satu kondisi penggunaan kata tersebut adalah meminta izin untuk menyatakan ketidaksetujuan.

Contohnya seperti yang kita ambil dalam Cambridge Dictionary, yaitu “pardon me, but I think you have that wrong”. Artinya adalah maaf, tapi kupikir kamu salah.

Di TikTok sendiri arti pardon me ini serupa dengan yang dicontohkan dalam Cambridge Dictionary tersebut, yaitu semacam meminta izin untuk menyatakan sesuatu ketidaksetujuan.

Jadi, fengan konteks penggunaan itu di TikTok, pardon ini artinya cenderung ke “maaf” untuk tidak menyetujui perkataan yang disampaikan ke pengguna.

Lalu, apa perbedaan pardon dengan sorry maupun excuse me? Dalam bahasa Inggris kata sorry, excuse me dan pardon ini mempunyai makna yang sama yaitu ‘Maaf’, tetapi penggunaannya berbeda.

Apabila dibandingkan sorry dan excuse me, kata ini memang jarang sekali digunakan. Sebab, kata ini umumnya diucapkan dalam situasi yang jauh lebih formal.

Sehingga, kebanyakan orang akan memilih menggunakan pardon ini saat mereka ingin menginterupsi suatu percakapan atau mengajukan pertanyaan kepada seseorang yang sedang berbicara dengan orang lain.

Jadi, kata tersebut dipilih karena dinilai lebih sopan daripada excuse me atau sorry dan kata ini juga bisa digunakan dan dipilih untuk menunjukkan kerendahan hati.

Contoh ucapannya adalah “Pardon me for asking, yang artinya maafkan saya karena bertanya”  atau “pardon my frankness, yang artinya adalah maafkan keterusterangan saya)”.

Sehingga, kata tersebut dipilih untuk menunjukkan bahwa seseorang mungkin akan menyadari jika apa yang akan kita katakan mungkin terdengar kasar.