Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Cara Menulis Daftar Pustaka
Cara Menulis Daftar Pustaka (Ilustrasi:BlogJobhun)

Cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Daftar pustaka atau sering dikenal dengan daftar referensi yang memberikan detail informasi terkait sumber rujukan yang digunakan ketika mengutip suatu karya. Daftar pustaka dapat didefinisikan sebagai kumpulan referensi yang dirujuk dalam pembuatan sebuah karya.

Penulisannya dalam tulisan karya ilmiah bermanfaat sebagai petunjuk yang menyatakan bahwa data yang diambil merupakan data yang valid dan memenuhi etika penulisan karya ilmiah. Sedangkan tujuan dari daftar pustaka, yaitu untuk menguatkan tulisan ilmiah, menghindari plagiasi, dan sebagai sumber acuan penulisan karya ilmiah.

Penulisan daftar pustaka ini memiliki beberapa poin yang perlu diperhatikan yakni ditulis sesuai dengan urutan abjad nama belakang penulis dan apabila terdapat sumber rujukan dari penulis yang sama, maka diurutkan sesuai dengan tanggal publikasi yang paling awal.

Berikut ini beberapa cara menulis daftar pustaka dari sumber referensi yang berbeda

1. Buku

Komponen yang perlu ditulis dalam daftar pustaka dari buku yaitu nama penulis, tahun terbit, judul buku, tempat terbit (kota), dan nama penerbit. Secara umum daftar pustaka dari buku memiliki format penulisan seperti berikut:

Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun). Judul Buku. Kota: Penerbit Buku.

Contoh:

Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

2. Artikel

Komponen yang ditulis hampir sama dengan penulisan daftar pustaka dari buku. Adapun format penulisannya, yaitu:

Nama belakang penulis dan inisial, baik satu atau lebih dari satu penulis. (Tahun terbit). Judul artikel jurnal. Nama Jurnal ditulis italic, volume jurnal ditulis italic (Issue atau Nomor), Halaman.

Contoh:

Aji, S., Hudha, M. N., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36

3. Makalah

Format penulisan daftar pustaka yang bersumber dari makalah, skripsi, tesis, atau disertasi adalah sebagai berikut:

Nama belakang dan inisial penulis. (Tahun pembuatan Tesis). Judul tesis ditulis italic. (Award, institusi, tahun). Jangan lupa untuk menyertakan ‘diakses dari’ dan url yang diakses apabila mengambil dari dari website atau internet.

Contoh:

Sandy, A. (2009). Cheaper to Fly than hire a car in Brisbane, (Disertasi Doktoral, University of Queensland, 2008) diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/UQ:1587477

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *