Caranya Menghubungkan 2 Akun WhatsApp pada Aplikasi yang Sama

Akun WhatsAp
Ilustrasi Menghubungkan 2 Akun WhatsApp. (Foto: Canva)

Hainews.co.id – Untuk menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu aplikasi pada perangkat yang sama, WhatsApp telah meluncurkan fitur multi-akun yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua akun, misalnya satu untuk pribadi dan satu lagi untuk keperluan kerja, dalam satu aplikasi WhatsApp. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka WhatsApp dan pergi ke menu Settings.
  2. Klik tanda panah di samping nama Anda.
  3. Pilih “Add account” dan ikuti instruksi di layar untuk menambahkan akun kedua.

Penting diingat bahwa Anda memerlukan nomor telepon dan kartu SIM kedua untuk menggunakan fitur ini. Jika opsi “Add account” tidak muncul, coba perbarui aplikasi WhatsApp Anda melalui Google Play Store atau App Store​​.

Alternatif lain, untuk pengguna Android, banyak ponsel cerdas dilengkapi dengan fitur bawaan yang disebut “Dual Apps” atau aplikasi ganda, yang memungkinkan Anda untuk membuat duplikat aplikasi WhatsApp sehingga Anda dapat menggunakan dua akun WhatsApp secara bersamaan di satu ponsel. Cara mengaktifkan fitur ini bergantung pada merek dan model ponsel Anda:

  • Xiaomi: Settings > Apps > Dual apps
  • Samsung: Settings > Advance features > Dual Messenger
  • Vivo: Settings > Apps and notifications > App Clone
  • Oppo: Settings > App Cloner
  • Huawei dan Honor: Settings > Apps > App twin
  • OnePlus: Settings > Utilities > Parallel Apps
  • Realme: Settings > App cloner

Setelah mengaktifkan fitur aplikasi ganda untuk WhatsApp, Anda dapat mengikuti proses pendaftaran akun WhatsApp biasa pada aplikasi WhatsApp kedua yang telah diduplikasi​​.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah menggunakan dua akun WhatsApp di perangkat yang sama, baik melalui fitur multi-akun resmi dari WhatsApp atau menggunakan fitur aplikasi ganda yang tersedia pada ponsel Android Anda.