Jokowi Buka Rakernas PAN, Jangan Beri Ruang Politik Pemecah Belah

Rakernas PAN
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Sumber Istimewa)

JAKARTA- Politik sekterian yang dianggap biang pemecah belah bangsa harus dihindari oleh Partai Amanat Nasional ( PAN ). Hal ini dikatakan Presiden Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas PAN) di Istora Senayan, Jakarta. 

Jokowi mengatakan jika politik adu domba terus dilakukan maka akan menghancurkan bangsa ini. Apalagi bangsa Indonesia memiliki berbagai suku bangsa dan agama yang berbeda-beda.

Rakernas PAN harus menjadikan momentum seluruh kader PAN untuk memperkokoh persatuan,” kata Jokowi saat membuka rakernas PAN, Sabtu (27/8/2022)

Jokowi memberikan sambutan dalam bentuk video tapping. Video itu diputar saat penutupan rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

“Hadirin sekalian yang saya hormati saat ini PAN telah resmi bergabung menjadi dari pemerintah. Mari kita bersama-sama ide strategi, langkah dan kebijakan yang akan membawa kemajuan bangsa kita Indonesia,” kata Jokowi.

“Dan melalui Rakernas PAN ketiga ini menjadi momentum bagi para fungsional dan kader partai PAN untuk turut memperkokoh persatuan di antara anak bangsa Keragaman dan perbedaan, halangan kita bekerja,” lanjutnya.

Jokowi juga berharap PAN ikut dalam merawat dan memperkokoh demokrasi jelang pemilu 2024. Jokowi juga berharap PAN bisa jadi angin yang menyejukkan dan langit biru yang  meneduhkan di bumi pertiwi Indonesia yang dicintai.

“Selain itu saya berharap berkualitas dalam menghadapi perhelatan besar Pemilu dan Pilkada 2024, PAN ikut merawat dan memperkokoh budaya demokrasi yang, demokrasi gagasan demokrasi ide, dan menjadi angin yang menyejukkan dan langit biru yang meneduhkan, merangkul kebhinnekaan, tidak memberi ruang pada politik sektarian yang memecah belah bangsa kita serta turut menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Jokowi mengucapkan hari jadi PAN yang ke-24. Jokowi berharap PAN selalu konsisten dalam mewujudkan perubahan dan memperjuangkan kepentingan rakyat.

“Terakhir saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-24 bagi Partai Amanat Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Agustus 2022 kemarin. Semoga PAN terus konsisten terhadap perubahan dan kepentingan rakyat selamat melaksanakan rakernas ketiga, semoga berjalan lancar dan produktif terima kasih,” ujarnya. (SW)