Apa Itu Lordosis, Kifosis dan Skoliosis? Mengenal Kelainan Tulang Belakang

Kelainan Tulang Belakang
Kelainan Tulang Belakang (Foto:Canva)

Kelainan tulang belakang ini ada tiga jenis, yaitu lordosis, kifosis dan skoliosis. Tulang belakang manusia ini tersusun dari beberapa tulang kecil yang memiliki fungsi untuk menopang dan membentuk postur tubuh.

Saat tulang belakang mengalami kelainan, maka akan terlihat seperti ada kelengkungan yang tak biasa dan postur tubuh juha menjadi seperti membungkuk.

Jadi, kelainan tulang belakang atau dikenal dengan istilah spinal disorder ini merupakan suatu kondisi yang memengaruhi kelengkungan atau posisi susunan tulang belakang.

Tulang belakang manusia ini terdiri dari 26 tulang yang disebut vertebrae. Beberapa tulang inilah yang berfungsi untuk melindungi dan menopang sumsum tulang belakang dan saraf.

Adanya kondisi seperti cedera ini juga dapat memengaruhi kondisi tulang belakang, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri dan kerusakan yang nantinya membatasi mobilitas tubuh.

Jenis Kelainan Tulang Belakang

Terdapat tiga jenis kelainan tulang belakang, yaitu lordosis, kifosis dan skoliosis. Berikut ini penjelasan masing-masingnya.

  • Apa Itu Lordosis?

Lordosis adalah kelainan tulang belakang yang dapat menyebabkan tulang belakang bagian bawah menjadi melengkung atau bengkok ke depan.

Tulang belakang ini secara normal juga memiliki lekukan di bagian bawah. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah swayback dan biasanya ini akan membuat bokong kamu akan terlihat lebih menonjol.

Penyebab ternjadinya lordosis adalah postur yang buruk, ketidakseimbangan otot, kondisi pinggang atau punggung hingga adanya aktivitas atletik.

  • Apa Itu Kifosis?

Kifosis adalah kondisi yang terjadi ketika tulang belakang bagian atas lebih condong ke belakang dengan lengkungan hingga lebih dari 50 derajat.

Seseorang yang terkena kifosis ini akan memiliki postur sangat bungkuk dan seakan memiliki punuk di punggungnya. Umumnya, mereka yang rentan mengalami kondisi ini adalah wanita yang sudah lanjut usia.

Ada beberape penyebab kifosisi ini, seperti penuaan, kelemahan otot di punggung atas, radang sendi, cedera pada tulang belakang hingga osteoporosis.

  • Apa Itu Skoliosis?

Skoliosis adalah kondisi tulang belakang yang membengkok atau melengkung ke arah kiri atau kanan.

Kondisi saat lengkungan tulang belakang ini justru menyamping dan menyerupai bentuk seperti huruf S atau C, sehingga membuat bahu atau pinggulnya menjadi tidak rata.

Seseorang dikatakan memiliki kondisi skoliosis ini ketika sudut lengkungan mencapai lebih dari 10 derajat. Beberapa penyebab terjadinya skoliosis ini adalah kondisi neuromuskuler, cacat lahir hingga cidera atau infeksi tulang belakang.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *