Khasiat Kesehatan Buah-Buahan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Khasiat Kesehatan Buah-Buahan untuk Meningkatkan Daya Ingat
Khasiat Kesehatan Buah-Buahan untuk Meningkatkan Daya Ingat (foto canva)

hainews.co.id – Memiliki ingatan tajam adalah hal yang sangat penting. Ketika daya ingat Anda tajam, Anda akan lebih mudah mengingat sesuatu, lebih teliti, cekatan, dan cerdas. Pasalnya, kecerdasan juga sangat berbanding lurus dengan daya ingat yang tajam.

Daya ingat yang tajam ini berhubungan dengan perkembangan otak. Tentunya, perkembangan otak juga dipengaruhi oleh berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Menjaga pola makan sehat sangat baik untuk pertumbuhan otak, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang bisa meningkatkan daya ingat. Berikut buah yang banyak memiliki Khasiat:

1. Pisang

Harganya terjangkau dan mudah ditemukan di mana saja, menjadikan pisang pilihan yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga daya ingat. Khasiat Pisang mengandung triptofan yang cukup tinggi, yaitu asam amino yang bisa menghasilkan melatonin dan serotonin. Keduanya penting untuk kesehatan otak dan meningkatkan kapasitas memori di otak.

2. Apel

Khasiat atau Kandungan quercetin dalam jumlah tinggi di apel bisa melindungi sel pembuluh darah dari stres oksidatif. Quercetin merupakan polifenol flavonoid yang bisa melindungi jaringan sel di otak, sehingga membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

3. Semangka

Kandungan likopen pada semangka cukup tinggi. Likopen sendiri bisa membantu tubuh mengurangi kerusakan akibat paparan radikal bebas. Buah ini juga membantu meningkatkan daya ingat dengan melindungi otak dari kerusakan oksidatif.

4. Jeruk

Khasiat  Jeruk kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi risiko menurunnya kemampuan otak. Vitamin C di jeruk juga berfungsi mengatur dopamin di otak. Semua ini sangat mempengaruhi memori, perhatian, motivasi, hingga suasana hati.

5. Blueberry

Blueberry mengandung antosianin, yaitu zat antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup tinggi. Keduanya bagus untuk otak, membantu melawan stres oksidatif yang bisa menyebabkan peradangan, dan meningkatkan fungsi memori.

Itulah lima jenis buah yang bisa meningkatkan daya ingat. Konsumsi secara rutin untuk mencegah pikun, terutama di usia muda. Menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi buah-buahan ini tidak hanya baik untuk otak, tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.