Manfaat Vitamin C Bagi Kecantikan Kulit yang Sehat

Manfaat Vitamin C Bagi Kecantikan Kulit
Manfaat Vitamin C Bagi Kecantikan Kulit

Manfaat vitamin C bagi kesehatan kulit. Vitamin C ini juga sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang dapat larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh.

Sumber vitamin C ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan dan sayuran segar atau kamu jug bis amendapatkannya dari suplemen vitamin C.

Manfaat vitamin C ini tentu sangat diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh dan memiliki peran penting untuk kekebalan tubuh.

Tak hanya bermanfaat bagi tubuh, ternyata vitamin C ini juga merupakan salah satu nutrisi penting untuk kulit.Vitamin C ini dibutuhkan untuk kulit supaya tetap sehat dan terlindung dari kerusakan.

Manfaat vitamin C untuk kulit ini tentu saja bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Inilah beberapa manfaat vitamin C bagi kecantikan kulit, yaitu:

  1. Mencegah Kerusakan yang Disebabkan Oleh Radikal Bebas

Vitamin C ini termasuk salah satu sumber antioksidan yang baik. Zat ini diyakini dapat mencegah hingga melindungi kulit dari kerusakan sel maupun jaringan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

  1. Menunjang Produksi Kolagen

Salah satu manfaat yang paling utama dari vitamin C untuk kulit ini adalah dapat menunjang produksi kolagen.

Kolagen ini adalah sejenis protein yang memiliki peran penting dalam memberikan elastisitas dan kelenturan kulit. Bahkan, kolagen ini juga dapat mendukung proses penyembuhan luka secara alami pada kulit.

  1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Kulit kita tentu saja bisa mengalami kerusakan jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Tetapi, kerusakan ini dapat kamu cegah dengan adanya vitamin C pada kulit.

Bahkan, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa vitamin C ini mempunyai sifat antioksidan dan antiradang.

Kedua zat ini telah terbukti efektif dalam mencegah kerusakan serta dapat mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Vitamin C ini juga diyakini dapat membantu mencegah terbentuknya dan munculnya flek hitam pada kulit.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Kanker Kulit

Tahukah kamu, ternyata sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang ini juga dapat membuat kerusakan kulit hingga bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Berdasarkan dari hasil penelitian, diketahui jika efek antioksidan dan antiradang pada vitamin C ini ternyata juga baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Efek yang didaptkan ini juga diduga turut berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit, karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C untuk kulit, maka tentu saja nutrisi ini penting untuk diperoleh secara rutin setiap hari.