Lapar Tengah Malam? Berikut Tipsnya Agar Lebih Sehat

Jika Anda kerap mengalami lapar tengah malam, hindari konsumsi mie instant tengah malam. Selain bikin gemuk, dapat memperburuk kesehatan.
Jika Anda kerap mengalami lapar tengah malam, hindari konsumsi mie instant tengah malam. Selain bikin gemuk, dapat memperburuk kesehatan.

Lapar tengah malam adalah hal wajar yang biasa terjadi pada manusia.

Selain ketika masih lembur, ada juga kondisi ketika menonton drama series hingga malam, dan menyebabkan Lapar tengah malam.

Namun jika Anda tidak mengetahui penanganan tepat dari Lapar tengah malam, maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan, maupun kondisi kesehatan yang memburuk di kemudian hari.

Yuk, ikuti tips-tips berikut agar Anda dapat menanganinya lebih tepat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Lapar Tengah Malam? Berikut Tipsnya Agar Lebih Sehat

Konsumsi Buah

Alih-alih memilih mie instant untuk dimasak tengah malam, atau order makanan berat secara online, lebih baik Anda konsumsi buah untuk menahan rasa lapar tengah malam.

Hindari konsumsi karbohidrat ketika malam, karena itu adalah waktu untuk lambung beristirahat.

Sehingga, ketika konsumsi karbohidrat tengah malam, akan menyebabkan makanan menumpuk di lambung dan menambah berat badan.

Buatlah Menu yang Bervariasi

Dilansir dari Eatright, orang yang cenderung lapar ketika malam adalah ketika hasrat makannya belum terpenuhi.

Seperti memakan menu hidangan yang itu-itu saja, sehingga bosan.

Ketika bosan, seseorang akan membuka sosial media dan menonton konten kuliner.

Sehingga, menjadi lapar bahkan ketika tengah malam.

Mulailah mencari resep makanan yang variatif dan sesuai dengan apa yang ingin Anda makan.

Tambahkan Protein dan Serat

Protein dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Menu sarapan dengan protein tinggi, seperti bubur oat dengan segelas susu rendah lemak atau bebas lemak, segenggam kacang-kacangan, dan buah, dapat memberikan asupan protein sekitar 20 gram.

Untuk makan siang, Anda dapat membuat menu dengan beberapa sendok makan selai kacang (7 gram protein), setengah kaleng ikan tuna (16 gram protein), setengah cangkir kacang hitam (7 gram protein), atau sepotong fillet salmon kecil sekitar 4 ons (25 gram protein) dapat membantu meningkatkan asupan protein.

Dan untuk makan malam, pilih dada ayam 3 ons (27 gram protein) atau steak sirloin bagian atas (rendah lemak), sebesar 3 ons (26 gram protein).

Serat juga membantu kita merasa kenyang lebih lama, menjaga kesehatan usus dan jantung. Anda bisa konsumsi kacang-kacangan, polong, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Rekomendasi harian untuk serat pangan, adalah 25 gram per hari untuk wanita dan 38 gram per hari untuk pria.

Perbaiki Pola Tidur

Jika Anda masih saja tidur hingga tengah malam, entah itu karena lembur atau memainkan smartphone, yuk coba diperbaiki terlebih dahulu.

Anda dapat mengajukan libur lembur ke atasan, dengan alasan kesehatan.

Jika tidak ada aktivitas kembali, segeralah berbaring di atas kasur dan pejamkan mata agar segera tertidur.

Alih-alih bermain ponsel, mainkan musik pengantar tidur agar Anda dapat tidur lebih cepat.***