Makna Hari Pahlawan : Pahlawanku, Teladanku!

Makna Hari Pahlawan 10 November
Makna Hari Pahlawan 10 November (Ilustrasi:Aspirasiku)

Makna Hari Pahlawan. Hari Pahlawan di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 November, hal tersebut untuk memperingati perjuangan para Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk menghormati dan mengenang perjuangan para pahlawan, membangun ingatan kolektif terhadap kesadaran masyarakat, dan menerapkan nilai-nilai luhur Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Hari Pahlawan ini dilatarbelakangi dari sebuah peristiwa Pertempuran Surabaya tepatnya pada 10 November 1945.

Pertempuran Surabaya itu menjadi simbol kekuatan serta perlawanan, atas hak kemerdekaan Indonesia yang hendak direnggut kembali oleh penjajah kala itu.

Para pahlawan kemudian bersatu dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia, dalam menyuarakan penolakan atas adanya invasi yang dilakukan oleh penjajah di tanah Surabaya.

Makna hari pahlawan dapat memberikan keteladanan kepada masyarakat Indonesia terkait dengan perjuangan kemerdekaan. Selain itu untuk mengenal sejarah Negara sebelum dan setelah kemerdekaan.

Kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengajarkan keteladanan yaitu dengan menumbuhkan sikap kejujuran, melakukan hak dan kewajiban, kegigihan, serta pantang menyerah.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, mengenalkan makna hari Pahlawan dengan mempertahankan kemerdekaa dengan cara belajar yang tekun, membantu teman yang kesusahan, meraih prestadi berdasarkan minat, serta membentuk kebiasaan untuk mengatakan terimakasih, maaf, dan minta tolong kepada orang lain.

Selain itu, kegiatan yang perlu dilakukan untuk memaknai hari pahlawan yakni dengan meningkatkan disiplin. Kedisiplinan ini terkait dengan personal dan interaksi sosial peserta didik.

Peserta didik dapat melakukan disiplin mulai dari tingkat yang paling rendah yaitu masuk sekolah tepat waktu, mengerjakan PR di rumah, mengajarkan budaya antri sejak dini, serta mengajarkan pola hidup sehat.

Tema Hari Pahlawan 2022

Kementerian Sosial Republik Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan nasional, yang telah berjuang untuk kemerdekaan serta kedaulatan Indonesia, melalui peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Sosial, tema Hari Pahlawan ke-77 di tahun 2022 adalah ‘Pahlawanku, Teladanku!’.

Makna hari pahlawan dapat memberikan keteladanan kepada masyarakat Indonesia terkait dengan perjuangan kemerdekaan. Selain itu untuk mengenal sejarah Negara sebelum dan setelah kemerdekaan.