Mengenal Apa Itu Stratifikasi Sosial Tertutup dan Contohnya

Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi Sosial Tertutup (Ilustrasi:euston96)

Stratifikasi sosial tertutup dan contohnya. Adanya kelas sosial yang berbeda di masyarakat dapat menimbulkan perbedaan perlakuan yang diperoleh. Kelas sosial timbul didasari adanya sistem pelapisan dalam masyarakat karena sistem penilaian atau penghargaan terhadap berbagai hal dalam masyarakat tersebut.

Pada stratifikasi sosial melekat dua unsur pada orang-orang yang berada di dalamnya yakni kedudukan (status) dan peran (role). Terdapat beberapa kriteria yang sering dijadikan dasar terbentuknya stratifikasi sosial, yaitu kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan capaian ilmu pengetahuan.

Stratifikasi sosial dalam ilmu sosiologi berarti pembedaan perlakuan yang mendorong terjadinya kelas-kelas sosial dalam masyarakat secara bertingkat atau bersifat vertikal.

Secara umum stratifikasi sosial digambarkan menurut wujud piramida. Secara berurutan posisi paling puncak dimulai dari kelas atas, kelas menengah, dan terakhir oleh kelas bawah.

Perbedaan kelas sosial dapat berkenaan dengan potensi hingga kapasitas atau kemampuan manusia yang berlainan sehingga melalui perbedaan tersebut dengan sendirinya sesuatu yang dianggap bernilai menjadi keadaan yang langka. Stratifikasi sosial dapat terjadi baik secara sengaja atau tidak sengaja.

Stratifikasi sosial yang disengaja dapat disusun guna mencapai tujuan tertentu seperti pembagian kekuasaan dan wewenang, sedangkan stratifikasi sosial yang tidak disengaja contohnya yaitu pada tingkat usia, jenis kelamin, sifat keaslian keanggotaan kerabat dalam masyarakat, kepemilikan harta benda, ataupun perbedaan kepandaian.

Pada lingkungan sosial di masyarakat, terdapat stratifikasi sosial yang bersifat tertutup. Stratifikasi sosial tertutup menentukan kedudukan seseorang pada suatu lapisan strata berdasarkan kelahiran.

Stratifikasi ini memiliki pembatasan sehingga tidak memungkinkan seseorang untuk pindah ke lapisan sosial lainnya.

Karakteristik dalam stratifikasi sosial tertutup yaitu:

  1. Sebagai jalan utama dan satu-satunya untuk masuk menjadi bagian anggota lapisan ini hanya melalui kelahiran
  2. Sistem tertutup dapat kita jumpai pada masyarakat yang lapisannya tergantung pada perbedaan-perbedaan sosial, masyarakat yang menerapkan sistem kasta, dan masyarakat feudal.

Stratifikasi sosial tertutup ini tampak pada kelas masyarakat di India. Di sana masyarakat dibagi menjadi beberapa kasta seperti kasta brahmana (pendeta), ksatria (bangsawan dan raja), waisya (pedagang dan pegawai pemerintah), dan sudra (petani).

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *