Mencegah Bau Badan Menyengat, Ikuti Tips Ampuh Ini

Mencegah Bau Badan Menyengat
Mencegah Bau Badan Menyengat (foto:canva)

Mencegah bau badan yang keluar dari tubuh seseorang ini tentu saja seringkali dicari, bau badan ini umumnya disebabkan dari keringat dan bakteri.

Keringat dalam tubuh ini secara alamiah tidak berbau, namun jika keringat tersebut diurai oleh bakteri yang hidup di kulit secara alami, maka tentu saja akan menghasilkan bau menyengat yang sangat khas.

Tak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara untuk bisa mencegah bau badan, mulai dari menjaga kebersihan hingga dengan cara mengubah makanan yang kamu konsumsi.

Nah, untuk lebih lengkapnya, langsung aja simak tips penting untuk mencegah bau badan yang menyengat berikut ini.

  1. Menjaga Kebersihan

Cara yang paling sederhana tapi dijamin cukup efektif ini adalah dengan rajin menjaga kebersihan, mulai dari mandi secara teratur, menggunakan sabun dan air untuk membersihkan ketiak serta area tubuh yang menghasilkan keringat.

Bukan hanya membersihkan tubuh saja, kamu juga harus mencuci pakaian secara teraturdan jangan lupa juga untuk menggunakan deodoran yang mengandung bahan antimikroba.

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dengan rajin minum air putih ini tenyata juga dinilai cukup efektif untuk mencegah bau badan yang menyengat, karena ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Saat tubuh kamu mengalami dehidrasi ini akan membuat kelenjar keringat dapat menghasilkan keringat lebih sedikit. Bahkan, keringat yang dihasilkan ini umumnya akan cenderung lebih pekat dan dapat menimbulkan bau badan yang lebih menyengat.

  1. Perhatikan Makanan yang dikonsumsi

Apabila makanan yang kamu konsumsi ini tinggi senyawa tertentu, misalnya sulfat ini diketahui dapat dicerna oleh bakteri di usus dan tentu saja dapat menyebabkan bau yang menyengat.

Bahkan, makanan yang tinggi lemak maupun gula ini juga berisiko dapat menyebabkan bau badan, karena makanan seperti itu dapat meningkatkan jumlah bakteri pada kulit.

Jadi, kamu bisa mencegahnya dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran hingga buah-buahan.

  1. Menggunakan Pakaian Berbahan Breathable

Gunakanlah pakaian yang nyaman dengan bahan breathable, pakaian seperti itu akan dapat mencegah bau badan, karena dapat membantu mengurangi jumlah keringat dan bakteri yang menumpuk di kulit.

jenis pakaian yang breathable, ini contohnya seperti bahan katun, bahan linen atau wol ini akan dapat membantu mengurangi risiko bau badan.

  1. Mengurangi Stres

Ternyata jika kita terlalu stres ini juga dapat memicu dan menyebabkan bau badan, saat kita sedang stres ini akan terjadi pelepasan hormon stres yang tentunya dapat meningkatkan produksi keringat.

Maka, usahakan untuk tidur yang cukup supaya dapat membantu mengurangi tingkat stres.