Bikin Ngiler! Inilah Makanan Khas Sunda yang Wajib dicoba

Makanan Khas Sunda yang Wajib dicoba
Makanan Khas Sunda yang Wajib dicoba (Foto:Canva)

Makanan khas sunda yang bikin ngiler dan wajib untuk dicoba. Makanan khas Sunda ini memang dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan cita rasa gurih dan memiliki nama-nama unik.

Beberapa makanan khas Sunda ini tentu saja tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga dikenal hingga ke berbagai negara.

Inilah enam makanan khas Sunda yang bikin ngiler dan tentunya wajib kamu coba, yaitu:

  1. Empal Gepuk

Buat kamu yang pecinta daging, sajian empal gepuk ini tentu akan sangat cocok untuk dicoba. Empal gepuk ini terbuat dari daging sapi yang secara umum diiris searah dengan serat daging yang direbus atau diungkep hingga empuk menggunakan bumbu-bumbu yang dicampur santan.

Selanjutnya, empal yang telah matang ini akan dimemarkan hingga pipih dan empal gepuk digoreng untuk disantap dengan nasi hangat dan sambal.

  1. Lalapan

Lalapan ini menjadi salah satu pendamping makanan khas Sunda yang cukup populer. Secara umum, lalapan ini selalu hadir menemani nasi panas dan sambal pada berbagai aneka lauk makanan.

Biasanya lalapan ini selalu disajikan dengan aneka sambal untuk makanan, mulai dari ayam goreng hingga ikan bakar.

  1. Sambal Cibiuk

Sambal cibiuk merupakan salah satu makanan khas Garut, tepatnya berasal dari di Kecamatan Cibiuk. Terdapat dua macam sambal cibiuk, yaitu ada sambal hijau dan juga sambal merah.

Sambal cibiuk merah ini terbuat dari bahan tomat merah, cabai merah, kemangi, gula, garam, bawang putih, bawang merah dan juga kencur.

Sementara itu, untuk sambal cibiuk hijau ini terbuat dari tomat hijau, cabai rawit yang masih hijau, daun kemangi, gula, garam, bawang putih, bawang merah dan juga kencur

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel dalam bahasa Sunda ini lebih dikenal dengan sangu timbel, yaitu nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk bulat lonjong yang menyerupai timbel alat pancing.

Biasanya, nasi timbel ini dihidangkan atau disajikan di meja makan atau juga bisa ditaruh di piring, dimakan satu per satu atau bisa ditaruh di bakul nasi.

Nasi timbel ini bisa disantap berbarengan dengan sayur asam, lauk ikan goreng seperti ikan emas, mujaer atau gurami, tahu dan tempe.

  1. Soto Bandung

Soto Bandung ini umumnya menggunakan bahan dasar yang hampir sama dengan soto lainnya.

Hanya saja, yang membuat sajian soto bandung ini berbeda adalah terdapat tambahan tambahan lobak, tomat dan juga kedelai goreng di dalamnya.

Soto bandung ini tentu saja tanpa santan ini dan bisa disantap dengan nasi maupun kerupuk.

  1. Asin Peda

Ikan asin ini terdiri dari beberapa jenis dan salah satunya yang paling sering diolah adalah ikan asin peda.

Ikan asin peda ini bercita rasa yang gurih dan dagingnya bertekstur lembut. Ikan asin peda ini tidak hanya bisa diolah dengan cara ditumis, tetapi ikan asin peda juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang nikmat.

Itulah tadi enam makanan khas Sunda yang wajib kamu coba. Gimana udah bikin ngiler belum? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *