Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 61, Berikut Penjelasannya!

Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 61, Berikut Penjelasannya!
Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 61, Berikut Penjelasannya! (Foto: Prakerja.go.id)

Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 61. Pendaftaran program ini telah dibuka dan bagi mereka yang ingin mendaftar, berikut adalah informasi terkait syarat, besaran insentif, dan cara pendaftarannya.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61 diumumkan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id pada Jumat, 22 September 2023. Bagi yang berminat, dapat langsung mengakses dashboard Kartu Prakerja untuk bergabung dengan gelombang ini.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pendaftaran di program Kartu Prakerja Gelombang 61:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia antara 18 tahun hingga 64 tahun.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh yang sudah terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan untuk meningkatkan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

5. Dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dapat menjadi Penerima Kartu Prakerja.

 

Untuk mendaftar, pertama-tama buatlah akun Prakerja dengan mengisi data diri yang dibutuhkan, seperti e-mail, NIK, nomor KK, dan nomor HP yang masih aktif. Setelah itu, ikuti tes kemampuan dasar yang disediakan untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Setelah berhasil mendaftar, peserta dapat mengikuti tahap selanjutnya yaitu memilih pelatihan.

Setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta.

Peserta dapat menggunakan saldo ini untuk memilih pelatihan yang dibutuhkan melalui Mitra Platform Digital dan melakukan pembayaran dengan menggunakan nomor Kartu Prakerja.

Sebelum membeli pelatihan, pastikan rekening bank atau e-wallet peserta sudah tersambung dengan baik.

 

Setelah memilih pelatihan, peserta dapat mengikuti pelatihan tersebut dan menyelesaikannya. Selama pelatihan, peserta akan diminta untuk menjawab pre-test dan post-test serta mendapatkan sertifikat setelah berhasil menyelesaikan pelatihan.

Setelah selesainya pelatihan, peserta Kartu Prakerja akan menerima insentif sebesar Rp 600.000. Insentif ini akan dikirim melalui rekening bank atau e-wallet yang telah didaftarkan sebelumnya.

Selain itu, peserta juga akan diminta untuk mengisi 2 survei evaluasi di dashboard Kartu Prakerja.

Setiap survei yang diisi akan memberikan insentif sebesar Rp 50.000. Setelah mengisi survei, peserta dapat menunggu beberapa hari untuk menerima insentif tersebut.

 

Besaran insentif yang diberikan kepada peserta Kartu Prakerja Gelombang 61 adalah sebagai berikut:

– Saldo bantuan pelatihan: Rp 3.500.000

– Insentif biaya mencari kerja: Rp 600.000

– Insentif pengisian Survei Evaluasi: Rp 50.000 x 2 survei

 

Program Kartu Prakerja pada tahun 2023 menargetkan 1 juta penerima. Untuk itu, anggaran sebesar Rp 2,67 triliun akan dialokasikan untuk 595 ribu peserta. Sementara sisanya, target 405 ribu peserta akan menggunakan anggaran tambahan sebesar Rp 1,7 triliun yang akan diajukan oleh pemerintah.

Itulah penjelasan mengenai pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61. Selamat mencoba dan semoga sukses!.***