Penuhi Nazar, Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda

 

JAKARTA – Penuhi nazar, Ivan Gunawan bangun masjid di Uganda, Afrika. Kenapa Uganda? Menurut Ivan karena di sana segala sesuatunya sulit. Termasuk mencari Masjid.

Ivan Gunawan tersentuh untuk membangun masjid di Uganda karena mendapatkan informasi bahwa Islam di sana sangat berkembang pesat namun jarang ditemui masjid.

Menurut Ivan Gunawan, mereka muslim di sana bukan tidak mau membangun masjid tapi jangankan memikirkan membangun masjid buat makan saja susah. Di sana juga sulit mencari air bersih.

Nah, saat membangun masjid, kata Ivan Gunawan, dirinya juga membantu membuatkan sumber air bersih. Karena membangun masjid otomatis juga menyediakan air bersih buat wudhu.

Ivan Gunawan memang sedang membangun masjid di Uganda, Afrika.
Alasan presenter yang kerap disapa Igun itu membangun masjid di Uganda karena populasi muslim di kota itu saat ini semakin meningkat.

“Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana,” ujar Igun, lewat rilis media, Jumat (9/9/2022).

Selain minimnya masjid, umat Muslim yang berada di Uganda juga minim mendapatkan peralatan untuk menunaikan sholat.

Karena hal itu, Ivan Gunawan juga akan menyediakan peralatan solat di masjid yang tengah ia bangun.

“Nggak cuma masjid. Baju muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim disana,” ucap Igun.

Kata Igun pembangunan masjid ini sekaligus untuk memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun sebuah rumah ibadah. Ia merasa sangat bangga dan senang dengan nazarnya yang akan terealisasikan ini.

“Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud,” jelas Igun.

Igun memang tidak sendiri dalam pembangunan ini. Ia bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior kenamaan Tanah Air, Susan Emir.

Adapun nama masjid yang tengah di bangun Igun ini adalah Masjid Indonesia by Ivan Gunawan. Pertama kali di Bangun pada tanggal 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat.

Warga Uganda Barat, tepatnya di Distrik Hoima sangat antusias menyambut project pembangunan Masjid tersebut. Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 jamaah.

Pembangunan masjid ini sudah sampai pada tahap 80 persen. Sebentar lagi masjid itu bisa digunakan untuk ibadah masyarakat muslim di Uganda. “Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi. Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai solat dan kajian oleh warga sekitar,” tutur Igun.

“Selain masjid, kita juga membuat sumber air untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum,” lanjutnya.(SW)