Penyebab Asma dan Gejala Penderita

Penyebab Asma dan Gejala Penderita (Foto: canva)

Penyebab asma biasanya dipicu oleh peningkatan respons karena adanya penyempitan saluran pernapasan dan keluarnya lendir yang berlebihan dari dinding saluran pernapasan.

Akibatnya, pengidap akan kesulitan bernapas dan menimbulkan gejala lainnya seperti mengi, bengek, batuk-batuk, dan nyeri dada. Penyakit ini dapat kambuh kapan pun, bahkan secara tiba-tiba.

Saluran pernapasan pada pengidap asma lebih sensitif dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat penyakit asma.

Salah satunya ketika paru-paru mengalami iritasi akibat asap rokok atau debu, maka otot-otot saluran pernapasan pada pengidap asma menjadi kaku dan menyempit.

Merangkum halaman halodoc , ada beberapa penyebab atau pemicu penyakit asma

1.  Faktor Lingkungan

Lingkungan yang kotor, seperti polusi udara, asap rokok, dan debu bisa menjadi penyebab utama asma. Karenanya seseorang bisa mengalami gangguan saluran pernapasan seperti sesak napas.

Untuk menghindari penyebab yang satu ini, sebaiknya gunakan masker penutup hidung dan mulut ketika bepergian ke luar rumah. Selain itu, jauhkan diri dari benda-benda pemicu alergi yang menjadi tempat berkumpulnya debu.

2.  Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas fisik, seperti halnya olahraga yang berlebihan bisa juga memicu seseorang mengalami asma. Meski olahraga baik, namun jika melakukannya secara berlebihan tentu akan mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan.

3.  Faktor Psikologis atau Stres

Stres bukan hanya berdampak pada psikis, tetapi juga akan memengaruhi kesehatan. Seseorang yang sedang mengalami stress akan memicu emosi menjadi tidak stabil.

Ketidakstabilan emosi ini pada akhirnya menyebabkan asma seseorang kambuh. Hal ini karena adanya tekanan mental yang berimbas pada terganggunya saluran pernapasan.

4.  Cuaca Dingin

Penyebab kambuhnya asma selanjutnya adalah kondisi cuaca atau udara yang dingin. Adanya peningkatan kelembapan udara dalam suhu yang dingin bisa memicu timbulnya gejala. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma sebaiknya prepare dengan baik ketika akan pergi ke area dengan cuaca dingin.

5.  Makanan Atau Minuman

Makanan siap saji yang mengandung kadar MSG dan pengawet tinggi dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Makanan atau minuman ini seperti selai, makanan olahan, minuman kemasan sari buah, wine, dan minuman beralkohol.

6.  Penyakit Refluks Gastroesofageal  (GERD)

Penyakit GERD atau Asam Lambung yang terus naik ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi dan peradangan saluran pencernaan bagian atas. Hal inilah yang memicu serangan asma. Asam lambung tidak hanya membuat gejala asma bertambah parah, tapi juga mengakibatkan gejala refluks asam lambung semakin buruk.

7.  Mengidap Flu

Seseorang yang mengidap flu dengan riwayat penyakit asma akan menyebabkan produksi lendir di sekitar saluran pernapasan menjadi lebih banyak. Hal tersebut mengakibatkan saluran pernapasan terhambat, sehingga dada akan terasa sesak dan mengalami asma.