Posisi MenPAN-RB Jatah PDIP, Megawati Serahkan Nama ke Jokowi

 

JAKARTA – Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara- Reformasi Birokasi (MenPAN-RB) yang kini dijabat rangkap sementara Plt Mahfud MD sepertinya bakal kembali diisi kader PDIP. Sebab sebelumnya juga dijabat kader PDIP almarhum Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya juga Istana menyatakan posisi MenPAN-RB yang kini kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia merupakan alokasi untuk PDIP. Istana mengatakan Presiden Jokowi bakal membahas jabatan posisi tersebut dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan,” kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kini, PDI Perjuangan (PDIP) menyampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka.

Dalam pertemuan itu, Megawati disebut menyerahkan nama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

“Ya nama-nama kan Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan dan dalam dialog itu kan juga dibahas hal-hal yang lain,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2022).

Hasto menambahkan, selain soal nama pengganti Tjahjo, Megawati juga membicarakan soal konsolidasi demokrasi dan agenda lainnya.

Sementara itu saat ditanya apakah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang akan mengisi kursi MenPAN-RB, Ketua DPP PDIP Puan Maharani enggan menjawabnya. Namun yang pasti, menurut Puan, nama itu akan membuat publik terkejut. “Ya nggak ya?” kata Puan.

“Ya nanti kita lihat pas diumumin, pasti bikin kejutan,” ujar Puan menjawab lagi pertanyaan soal kebenaran Olly Dondokambey bakal mengisi kursi MenPAN-RB.(SW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *