6 September, Memperingati Hari Apa?

6 September, Memperingati Hari Apa?
6 September, Memperingati Hari Apa? . (Foto:gmaps/at)

 

6 September 2023, terdapat lima momen penting yang dirayakan secara nasional maupun internasional. Berikut ini adalah daftar dan penjelasan lebih lanjut mengenai momen-momen tersebut:

1.Hari Kemerdekaan Swaziland (6 September)

Tanggal 6 September 2023 merupakan hari kemerdekaan Swaziland. Swaziland, yang sekarang dikenal sebagai Eswatini, meraih kemerdekaannya pada tanggal 6 September 1968 setelah Inggris memerintah negara tersebut sejak tahun 1903-1968.

Sebagai hari libur nasional, masyarakat Swaziland merayakan kemerdekaan mereka dan mengenang perjuangan para pendahulu mereka.

Hari ini juga dikenal sebagai Hari Somhlolo atau Hari Sobhuza, diambil dari nama Raja Sobhuza I (Ngwane IV) yang memerintah dari tahun 1805 hingga 1839.

2.Hari Baca Buku Nasional di Amerika (6 September)

Setiap 6 September, Amerika Serikat merayakan Hari Baca Buku Nasional.

Tujuannya adalah mengajak semua pencipta buku untuk menikmati hobi membaca tanpa rasa bersalah.

Dengan membaca buku, kita dapat memasuki dunia baru, melalui petualangan dan memperkaya hidup kita dengan kisah-kisah dari perspektif baru.

Hari Baca Buku Nasional mendorong orang-orang untuk meredakan kebisingan dan menyediakan waktu bagi mereka untuk membaca buku, mengingat bahwa banyak orang merasa kurang menghabiskan waktu untuk membaca buku dalam rutinitas keseharian mereka.

3.Hari Tradisi Melempar Telur di Amerika

Hari Tradisi Melempar Telur adalah perayaan yang berasal dari Amerika Serikat dan diadakan setiap tanggal 6 September.

Meskipun tradisi ini biasanya diasosiasikan dengan Paskah, kini permainan melempar telur dirayakan sepanjang tahun. Sejarah permainan ini bermula sekitar tahun 1322 di desa Lincolnshire, Amerika Serikat.

Pada saat itu, satu-satunya orang yang memiliki ayam memberikan satu butir telur rebus sebagai sedekah kepada penduduk setempat saat Paskah. Ketika perayaan Paskah di gereja, telur-telur tersebut dilemparkan ke tengah-tengah gereja.

Sejak tahun 2006, Federasi Pelempar Telur Dunia mengatur kejuaraan dunia dalam permainan ini, yang diadakan setiap tahun di Swaton, Inggris pada hari Minggu terakhir bulan Juni.

4. Hari Bendera Bonaire

Tanggal 6 September ditetapkan sebagai Hari Bendera Bonaire, sebuah kota kepulauan di Belanda.

Meskipun Karibia Belanda tidak memiliki bendera nasional sendiri dan menggunakan bendera Belanda, setiap pulau di wilayah tersebut memiliki bendera uniknya sendiri. Bonaire awalnya dihuni oleh suku Indian Arawak sejak tahun 1000 Masehi.

Setelah menjadi milik Kekaisaran Spanyol pada tahun 1499, pulau ini menjadi milik Belanda pada tahun 1636 setelah perang selama 80 tahun.

Setelah beberapa tahun dalam keadaan bingung dan konstitusi yang berbeda, Bonaire akhirnya kembali menjadi bagian dari Belanda pada tahun 1816. Bendera Bonaire dirancang oleh ahli vexillologist Amerika bernama Whitney Smith dan pertama kali dikibarkan pada tahun 1981.

5. Festival Janmashtami oleh Umat Hindu

Janmashtami adalah festival Hindu yang dirayakan pada hari kedelapan Krishna Paksha di bulan Bhadrapada Sharavana. Pada tanggal 6 September 2023, Festival Janmashtami digelar untuk merayakan kelahiran Dewa Krishna sebagai inkarnasi kedelapan Dewa Wisnu.

Sri Krishna dilahirkan di Mathura pada hari kedelapan dari dua minggu gelap bulan Bhadrapada. Mathura dan Vrindavan, tempat tinggal dan masa kecil Sri Krishna, merayakan festival ini dengan upacara dan doa.

Festival Janmashtami dirayakan tidak hanya di India, tetapi juga di seluruh dunia oleh umat Hindu di beberapa negara .***