Kalimat persuasif merupakan salah satu jenis kalimat yang digunakan dengan tujuan untuk meyakinkan, mengajak, merayu hingga membujuk pembacanya untuk melakukan suatu perbuatan serta aktivitas seperti yang disampaikan oleh penulisnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kalimat persuasif ini merupakan salah satu teks yang sifatnya membujuk secara halus untuk meyakinkan seseorang yang membacanya.

Jadi, kalimat persuasif ini adalah sebuah teks yang berisi ajakan, perintah hingga saran yang ditujukan kepada para pembaca.

Ciri-Ciri dan Contoh Singkat Kalimat Persuasif

  • Ciri-Ciri

Berikut ini beberapa ciri-cirinya, yaitu:

  1. Kalimatnya bersifat mengajak, memerintah hingga membujuk.
  2. Terdapat penggunaan tanda baca seru.
  3. Lebih sering ditemukan dan digunakan sebagai bentuk promosi atau iklan.
  4. Umumnya berisi kata ajakan seperti ayo, mari, coba, jangan dan lain sebagainya.
  5. Kalimatnya seringkali disebut dengan istilah persuasif-provokatif di dalam teks iklan.
  6. Umumnya menggunakan alasan yang cenderung subjektif.
  7. Kalimatnya mudah dimengerti pembaca dengan rangkaian kata-kata yang menarik dan mudah dipahami.
  8. Kalimatnya dapat ditulis dengan irama tertentu.
  9. Kalimatnya seringkali disertai fakta dan bukti untuk lebih meyakinkan pembaca.
  10. Bersifat menarik serta mampu dipertanggungjawabkan
  • Contoh Singkat

Berikut ini beberapa contoh singkat dari kalimat persuasif, yaitu:

  1. Mari kita menanam pohon untuk menyelamatkan bumi!
  2. Ayo kita menerapkan hidup sehat!
  3. Segera jauhi pemakaian barang-barang haram!
  4. Mari kita hidup sehat sebelum penyakit menyerang!
  5. Ayo buanglah sampah pada tempatnya!
  6. Yuk kita olahraga secara teratur agar selalu sehat!
  7. Gapailag cita-cita kalian setinggi mungkin!
  8. Segeralah istirahat ketika kamu merasa mengantuk!
  9. Ayo menjaga kebersihan lingkungan!
  10. Marilah buat lingkungan sungai menjadi bersih dan sehat!

Jadi, fungsi dari kalimat ini adalah untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar agar melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak penulis atau pembicara. Bahkan, kalimat persuasif ini juga berfungsi sebagai media promosi.

Dimana, kalimat jenis ini kerap menggunakan kata-kata yang memiliki makna memerintah. Hanya saja secara tersirat, sehingga tidak ada unsur yang memaksa dalam kalimat tersebut.

Buat kamu yang berkecimpung di industri periklanan, kalimat jenis ini sangat penting untuk dipelajari. Umumnya, kalimat ini digunakan ketika menyampaikan pidato, negosiasi, promosi, maupun sehari-hari.