Cari Tahu Di Sini, Apa Itu Trust Issue

Apa Itu Trust Issue
Apa Itu Trust Issue (Ilustrasi:AdobeStock)

Apa itu trust issue? Trust issue atau krisis kepercayaan ini bukan permasalahan yang bisa diabaikan begitu saja, namun perlu diketahui penyebab timbulnya serta solusi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Hal ini dilakukan agar orang yang mengalami trust issue akan larut dalam masalah dan berdampak buruk pada dirinya.

Kondisi trust issue yang sudah menguasai diri akan tampak pada pikiran-pikiran negatif seseorang seperti mencurigai orang-orang disekitar kita akan mengkhianati, melukai ataupun mencelakai kita. tindakan yang berlebihan ini menjadi salah satu sebab seseorang mengalami krisis kepercayaan.

Masalah krisis kepercayaan ini biasanya terjadi karena pengalaman pribadi yang tidak menyenangkan dan sulit dilupakan sehingga menimbulkan trauma bagi sebagian orang. Hal ini yang mendorong terbentuknya krisis kepercayaan.

Trust issue yaitu suatu kondisi seseorang yang sulit percaya pada orang lain karena faktor tertentu seperti pengkhianatan, tindakan yang dilakukan orang lain atupun alasan pribadi lainnya.

Krisis kepercayaan ini dapat dialami oleh siapa saja mulai dari hungan pertemanan, pasangan, ataupun dengan orang asing.

Adapun gejala dan tanda orang yang mengalami trust issue yaitu sebagai berikut:

1. Menghindari Komitmen

Sesorang yang mengalami kondisi krisis kepercayaan ini akan sulit menjalin komitmen. Hal ini dipicu dari rasa takut untuk membuka diri dan terlihat rapuh.

2. Berasumsi Akan Disakiti Orang Lain

Seseorang dengan masalah kepercayaan akan berasumsi ada orang yang sengaja melakukan sesuatu untuk menyakiti mereka sehingga sulit menerima pujian, gestur baik, bahkan cinta karena tidak percaya bahwa ada orang yang benar-benar tulus.

3. Mengisolasi Diri

Adanya asumsi dan menghindari komitmen akan menyebabkan orang dengan krisis kepercayaan ini akan menarik diri dari lingkungan untuk menghindari masalah

4. Sulit Memaafkan

Seseorang dengan krisis kepercayaan sering menghubungkan masalah kecil yang dialami dari orang lain dengan pengalaman yang tidak menyenangkan, padahal belum tentu masalah kecil tersebut sering dilakukan oleh orang tersebut

Sedangkan penyebab trust issue sendiri dapat di peroleh dari pengalaman masa lalu yang menimbulkan trauma akibat kekecewaan yang telah dialaminya pada saat kecil dan remaja atau disebabkan dari hubungan asmara yang tidak sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *