Terungkap! Arti Sebenarnya dari Kata Rungkad yang Viral di Media Sosial

Arti Sebenarnya dari Kata Rungkad yang Viral di Media Sosial
Arti Sebenarnya dari Kata Rungkad yang Viral di Media Sosial (Foto:Canva)

Apa itu arti rungkad? Dalam beberapa waktu terakhir, kata “rungkad” menjadi viral di berbagai media sosial. Meskipun begitu, banyak orang belum mengetahui arti sebenarnya dari kata tersebut.

Rungkad sebenarnya berasal dari bahasa daerah Indonesia, yaitu bahasa Sunda, dan tidak baku dalam tatanan bahasa Indonesia sehingga sulit dikenali langsung.

Arti dari istilah kata rungkad ini merupakan kacau, hancur lebur dan runtuh. Kata ini lebih sering digunakan untuk menyatakan suasana hati seseorang yang sedang kacau dan tidak baik-baik saja karena permasalahan hidupnya.

Setelah istilah ini populer melalui media sosial, ternyata tidak sebatas memiliki arti dari sisi bahasa Sunda saja.

Biasanya, kata “rungkad” sering digunakan dalam konteks percintaan, di mana seseorang menjadi rungkad setelah putus dari pasangan sebelumnya atau setelah dikhianati.

Istilah ini semakin populer dengan adanya lagu “Rungkad” dari penyanyi dangdut Happy Asmara menjadi populer dan disukai oleh banyak orang.

Lirik lagu ini sangat relate dengan kehidupan sehari-hari, terutama para generasi galau. Popularitas kata “rungkad” membuatnya viral di berbagai media sosial seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan Twitter.

Banyak orang penasaran akan arti kata tersebut dan mulai mencari tahu. Setelah populer melalui media sosial, “rungkad” kini menjadi bahasa gaul di kalangan milenial.

Kata ini merupakan bentuk perumpamaan seseorang yang sedang berada dalam suatu masalah. Contohnya, istilah “rungkad sayang” memiliki arti yang sama dengan “ambyar” dalam bahasa Jawa.

Secara keseluruhan, “rungkad” merupakan salah satu kata dari bahasa daerah yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari di daerah tersebut.

Meskipun tidak baku dalam tatanan bahasa Indonesia, popularitasnya membuat banyak orang tertarik untuk mencari tahu arti sebenarnya dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Bahkan, kata “rungkad” pernah menjadi peringkat pertama dalam berbagai pencarian di media sosial, menandakan banyaknya orang yang penasaran akan arti kata tersebut.

Setelah diketahui arti rungkad yang merupakan sebuah istilah untuk menyatakan kacau balau, hancur, roboh dan sejenisnya.

Kata atau istilah tersebut mulai digunakan dalam percakapan sehari-hari, terutama oleh para kaum muda yang sedang galau karena masalah asmara atau percintaan.