Doa Niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa dengan Bahasa Arab dan Latinnya

Doa Niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa
Doa Niat Puasa Ramadhan dan Buka Puasa (Foto:Canva)

Doa niat puasa Ramadhan dan buka puasa dengan bahasa arab dan latinnya. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam di seluruh dunia.

Bulan ini penuh dengan kebaikan dan pahala sehingga umat Islam akan berlomba-lomba untuk melakukan amalan wajib dan sunah.

Salah satu hal yang penting dilakukan adalah membaca doa niat puasa. Doa ini menjadi syarat sahnya puasa Ramadhan, yang merupakan salah satu rukun Islam.

Hadist tentang Membaca Niat Puasa Ramadhan

Sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan, seorang muslim harus membaca doa niat terlebih dahulu.

Hal ini merupakan salah satu syarat sahnya puasa Ramadhan. Jika seseorang tidak membaca doa niat puasa Ramadhan, maka puasanya tidak sah.

Hal ini dijelaskan dalam hadis sahih riwayat Ad-Daru Quthni dan Al-Baihaqi yang mengatakan “Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbit fajar maka tidak ada puasa baginya”.

Syarat ini berlaku untuk puasa Ramadhan yang wajib bagi setiap muslim di seluruh dunia. Namun, untuk puasa sunnah, tidak wajib bagi seseorang untuk membaca doa niat pada waktu menjelang fajar.

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.”

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala.”

Niat puasa Ramadhan tidak harus diucapkan dengan kata-kata, cukup dilakukan di dalam hati.

Niat ini harus dilakukan oleh umat muslim sebelum menjalankan ibadah puasa pada hari berikutnya.

Niat puasa dilakukan sebelum memulai ibadah puasa. Umat muslim dapat membaca niat puasa setelah melakukan salat Tarawih pada malamnya atau setelah sahur sebelum waktu imsak tiba.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Saat waktu berbuka puasa tiba yang bertepatan dengan azan magrib, umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum memulai menyantap makanan dan minuman.

Doa berbuka puasa ini harus dibaca sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan berupa makanan dan minuman setelah seharian berpuasa.