Jangan Simpan Cokelat di Kulkas, Ini Alasannya

cokelat
Jangan Simpan Cokelat di Kulkas, Ini Alasannya

hainews.co.id – Banyak orang menyimpan cokelat di dalam kulkas agar tidak meleleh, terutama di iklim tropis seperti Indonesia. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak disarankan. Menyimpan cokelat di suhu yang terlalu dingin dapat memengaruhi rasa, tekstur, dan penampilan cokelat.

Menurut Jerome Penafort, pendiri Mr Bucket Chocolaterie Singapura, cokelat sebaiknya dinikmati pada suhu ruang antara 22-25 derajat Celcius. “Hindari menyimpan cokelat di kulkas atau freezer karena bisa membuatnya terlalu dingin, yang berdampak pada rasa, kilau, dan tekstur,” ujarnya, dikutip dari Channel News Asia.

Pada suhu tersebut, cokelat akan meleleh dengan sempurna di lidah, memungkinkan Anda menikmati nuansa kompleks rasa dan teksturnya. Namun, jika disimpan terlalu lama di suhu ruang yang panas, cokelat bisa meleleh, membengkak, dan kehilangan kualitasnya.

Untuk menjaga kesegaran cokelat, idealnya simpan di suhu 18-21 derajat Celcius. Menyalakan AC bisa menjadi alternatif daripada menyimpannya di kulkas. Jika Anda harus menyimpannya di kulkas, pastikan cokelat dibungkus rapat untuk mencegah pengembunan dan menghindari terjadinya sugar bloom, yaitu bercak kasar dan kusam pada cokelat akibat kondensasi.

Jadi, lebih baik simpan cokelat di tempat sejuk dengan suhu stabil untuk mempertahankan kualitas dan kenikmatannya!