Hindari! Ternyata Ini 3 Kesalahan Saat Mencuci Sepatu

Kesalahan Mencuci Sepatu
Kesalahan Mencuci Sepatu (Ilustrasi:ApartmentTherapy)

Kesalahan mencuci sepatu ternyata bisa membuat sepatu kamu menjadi tdak awet. Sepatu ini adalah alas kaki yang sangat penting untuk penggunaan seperti untuk sekolah, kerja dan masih banyak yang lainya untuk menunjang fashion atau penampilan.

Sehingga, penggunaan sepatu yang terlalu sering ini tentu saja akan membuat sepatu menjadi bau. Jika sudah seperti itu, maka kamu perlu untuk mencucinya untuk menghilangkan bau tersebut.

Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang salah saat mencuci sepatu miliknya. Kesalahan dalam mencuci sepatu ini bisa membuat sepatu menjadi tidak awet dan cepat rusak. Berikut ini tiga kesalahan umum saat mencuci sepatu, yaitu:

  1. Menggunakan Mesin Cuci

Penggunaan mesin cuci dalam mencuci sepatu ini hanya bisa menghilangkan baunya saja. Sehingga, penggunaan mesin cuci ini tidak mampu menghilangkan noda membandel yang ada di sepatu kamu.

Oleh sebab itu, cucilah sepatu kamu dengan cara manual menggunakan tangan agar bisa menghilangkan noda yang membandel. Dengan begitu, sepatu kamu akan jauh lebih bersih dengan maksimal jika dibadingkan dengan menggunakan mesin cuci.

  1. Menggunakan Detergen dan Sikat Kaku

Mencuci sepatu dengan menggunakan deterjen pakaian ini menjadi kesalahan berikutnya yang tentu saja harus kamu hindari ya. Kandungan kimia yang ada di dalam detergen ini sangat tidak cocok untuk bahan sepatu. Maka dari itu, kamu bisa mencoba mencuci sepatu kamu denga menggunakan sabun khusus sepatu. Tentu saja sabun khusus tersebut yang pastinya aman dan bisa memberikan efek bersih yang sempurna.

Tak hanya itu, tenyata menggunakan sikat kaku serta menggosok terlalu keras juga bisa merusak sepatu milikmu.

Apabila ini dilakukan secara berulang, akan menimbulkan sebuah goresan yang terlihat  dan tentu saja akan mengganggu keindahan sepatu. Sehingga, kamu hanya mencuci sepatu dengan sikat yang lembut dan gunakan gerakan satu arah saja.

  1. Tidak Melepas Tali Sepatu

Kesalahan yang terakhir adalah tidak melepas tali sepatu saat mencucinya. Tali sepatu yang masih terikat tersebut akan membuat serat pada bagian tersebut menjadi cepat terkoyak. Tak hanya itu, sepatu yang dicuci tersbut juga tidak bisa bersih secara maksimal, karena masih meninggalkan noda-noda pada area yang tidak bisa tersentuh.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *