Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan
Manfaat Nanas Untuk Kesehatan (Foto:Canva)

Manfaat nanas untuk kesehatan ini wajib kamu ketahui. Buah nanas ini dikenal karena rasanya yang lezat hingga menyegarkan.

Apalagi buah nanas ini juga merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati dengan banyak cara.

Tak hanya bisa Bisa dikonsumsi secara langsung, buah nanas ini sering juga dijadikan jus, dibuat rujak dan sambal hingga ditambahkan sebagai topping pizza.

Bukan hanya karena rasanya yang enak dan segar, ternyata buah nanas ini banyak dikumsumsi karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh.

Karena kandungan vitamin dan mineral penting di dalamnya, buah nanas ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah enam manfaat nanas untuk kesehatan, yaitu:

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah nanas diketahui mempunyai kandungan mangan yang tinggi, sehingga dapat membantu dalam memperkuat tulang.

Buah nanas ini cocok buat kamu yang aktif berolahraga, karena kandungan sehat pada nanas ini dapat melumasi sendi-sendi, sehingga tidak akan mudah rusak karena aktivitas fisik.

  1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Buah nanas ini memiliki vitamin B1 dan B6 yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan dapat mengurangi kerontokan rambut.

Kandungan vitamin C pada nanas ini juga berkontribusi pada penampilan rambut yang lebih bersih dan berkilau.

Dengan mengonsumsi nanas setiap hari, maka akan dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

  1. Memperkuat otot

Buah nanas ini menjadi sumber valin dan leusin yang baik, di mana kandungan keduanya ini merupakan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan maupun perbaikan jaringan otot.

Dengan mengonsumsi satu gelas jus nanas setiap hari, maka akan membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina.

  1. Menurunkan tekanan darah

Di antara vitamin dan mineral lainnya, buah nanas ini mengandung banyak kalium. Kalium sendiri adalah vasodilator alami yang kuat yang dapat meredakan sebiah ketegangan pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.

Saat pembuluh darah kamu rileks, maka tekanan darah akan berkurang dan aliran darah tidak terlalu dibatasi. Maka dari itu, buah nanas dapat membantu mencegah kondisi seperti stroke dan aterosklerosis.

  1. Mengurangi masalah selama periode menstruasi

Buah nanas ini memiliki enzim khusus yang bernama bromelain yang membantu meluruhkan lapisan rahim.

Enzim ini meningkatkan aliran menstruasi dan membantu melancarkan menstruasi buat wanita yang kerap mengalami menstruasi tidak teratur.

  1. Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Risiko kanker ini juga terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Nah, senyawa bromelain pada nanas ini dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Walaupun begitu, hal ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.