Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh, Buktikan Sendiri!

Manfaat Jahe untuk Kesehatan
Manfaat Jahe untuk Kesehatan (Foto:Canva)

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh. Jahe adalah salah satu tanaman obat tradisional yang paling populer hingga saat ini, bahkan sudah dari ribuan tahun yang lalu.

Kepopuleran ini tentu saja karena manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan bisa untuk mengurangi gejala berbagai penyakit.
Saat cuaca dingin dan hujan, umumnya orang-orang akan sering minum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh.

Selain rasanya yang enak, minuman jahe ini juga memiliki banyak manfaat terutama mengandung antibiotik alami yang dapat mengobati masalah perut seperti mual.

Jahe ini juga diketahui memiliki kandungan zat fitokimia yang bermanfaat sebagai analgesik, anti peradangan hingga anti-bakteri.

Jahe juga memiliki kandungan vitamin B5 dan vitamin B6. Vitamin tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Perlu diketahui, mengonsumsi minuman jahe secara berlebihan juga dapat menyebabkan kembung hingga mulas.

Jadi, pastikan kamu mengonsumsi jahe ini tidak lebih dari 5 gram jahe per hari. Berikut ini beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Minuman jahe ini ternyata dapat meredakan reaksi alergi. Dimana, terdapat sifat anti-inflamasi pada jahe yang dapat menenangkan respons peradangan yang disebabkan oleh alergi.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe ini juga sebagai cara alami dan sehat untuk menurunkan berat badan. Tetapi, hal ini masih harus diteliti lebih lanjut, karena dengan minum teh jahe hangat memang membuat kamu akan merasa lebih kenyang.

3. Meredakan Nyeri Haid

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum jahe ini dapat meredakan nyeri saat haid. Bahkan, juga ada penelitian yang menunjukkan bahwa jahe ini sama efektifnya sebagai pereda nyeri dalam mengatasi kram saat menstruasi.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Dengan mengonsumsi jahe juga dapat meredakan nyeri sendi akibat peradangan maupun nyeri otot. Jahe ini juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian juga bahwa kandungan antioksidan, mineral dan asam amino yang ada dalam jahe ini dapat membantu melindungi dari dari penyakit jantung.

Minuman jahe ini juga dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung hingga dapat menurunkan tekanan darah.