Ajaib! Inilah Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan
Manfaat daun sirsak untuk kesehatan (Ilustrasi:Alibaba.com)

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, buah sirsak ini kaya akan vitamin C hingga antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh.

Vitamin C ini sendiri dapat memperkuat imun bertahan untuk melawan patogen dan juga mempromosikan penghancuran radikal bebas, sehingga bisa membantu melindungi kulit dan sel dari kerusakan oksidatif lingkungan.

Ternyata tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tahukah kamu kalau ternyata daun sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan.

Daun sirsak ini diketahui mempunyai banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Umumnya, selain dicampur dengan obat alami lain ternyata daun sirsak juga bisa direbus dengan air panas dan diambil ekstrak air rebusan daun sirsak tersebut.

Berikut ini enam manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Bisa Mengobati Insomnia

Daun sirsak diyakini dan telah digunakan untuk mengobati insomnia. Karena, daun sirsak mempunyai kandungan yang bersifat relaksan otot polos.

Maka dari itu, daun sirsak dapat bertindak sebagai obat penenang. Kamu cukup minum segelas teh daun sirsak, maka dapat membantu meredakan stres.

2. Bisa Membantu Mengelola Diabetes

Daun sirsak juga bisa menurunkan kadar gula darah. Dimana, mekanisme di balik sistem kerjanya yaitu menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa dan menghalangi penyerapannya.

3. Bisa Membantu Pengobatan Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker lebih cepat dan efekif jika dibanding dengan kemoterapi.

Cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir, kemudian minum ramuan ini setiap pagi selama 3 hingga 4 minggu.

4. Bisa Membantu Pengobatan Rematik

Daun sirsak ini ternyata juga dapat mengobati penyakit rematik yang sering dialami oleh lansia. Cara menggunakannya cukup mudah, tumbuk daun sirsak menjadi halus dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit karena radang sendi dan eksim. Cara ini bisa dilakukan secara teratur setidaknya dua kali sehari.

5. Bisa Mengobati Maag

Zat yang ada di dalam daun sirsak ini mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit, oleh sebab itu daun sirsak bisa digunakan untuk mengobati maag.

Tak hanya itu, ternyata daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, proses penyembuhan maag yang biasanya lambat ini bisa dipersingkat karena sistem imun yang aktif.

6. Bisa untuk Menstabilkan Tekanan Darah

Sirsak ini kaya akan potasium hingga zat besi. Dimana, kedua bahan tersebut dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

Kalium ini akan meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih baik, sedangkan zat besi dapat membantu untuk mengatur detak jantung.

Jadi, buat kamu yang memiliki kecenderungan memiliki tekanan darah tinggi cobalah untuk minum air rebusan daun sirsak ini.