Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor (Ilustrasi:MiCasaRevista)

Manfaat daun Kelor atau Moringa Oleifera merupakan jenis tanaman tropis yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Masyarakat banyak memanfaatkan daun kelor ini sebagai bahan makanan, jamu, dan suplemen. Bahan makanan dari daun kelor dipercaya dapat meningkatkan produski ASI bagi Ibu menyusui, hingga mencegah penyakit diabetes, nyeri sendi, infeksi, hingga kanker.

Tanaman kelor sangat mudah tumbuh dan memiliki ciri-ciri daun yang berukuran kecil. Kandungan yang terdapat pada 2gram daun kelor yakni terdapat 14 kalori dan nutrisi lain berupa karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan asam folat.

Selain itu, terdapat serat, vitamin B, fosfor, tembaga, zink, dan selenium serta kandungan antioksidan salah satunya polifenol. Adapun manfaat daun kelor bagi Kesehatan yaitu sebagai berikut:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun Kelor dipercaya dapat menurunkan gula dalam darah dan meningkatkan efektivitas kerja dari hormone insulin, sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes dan resistensi insulin.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan Kalium pada daun kelor dipercaya dapat mengintrol tekanan darah. Sehingga tekanan darah akan stabil dan mencegah resiko hipertensi.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kadar radikal bebas yang tinggi dapat mengakibatkan stress oksidatif dalam tubuh seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Adanya kandungan aktioksidan dalam daun kelor berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Memelihara Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan dalam daun kelor berperan dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak, serta dipercaya dapat meningkatkan memori dan kerja otak. Kandungan antioksidan juga dapat menurunkan resiko tubuh dari penyakit Parkinson dan Alzheimer jika asupannya terpenuhi.

5. Mengurangi Peradangan

Ekstrak daun kelor memiliki kandungan yang dapat membantu meringankan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada tubuh.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Tanaman Kelor memiliki kandungan antioksidan yang efektif dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat dari radikal bebas. Ektrak kulit batang dan daun kelor dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker usus besar, payudara, dan pankreas.