Jangan Anggap Remeh, Inilah 5 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan
Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan (Ilustrasi:TildaRice)

Manfaat lengkuas untuk kesehatan. Lengkuas seringkali dijadikan sebagai bumbu masakan khas Indonesia dan Asia. Ternyata lengkuas ini tidak hanya bisa menyedapkan rasa makanan saja lho, ada banyak sekali manfaat lengkuas bagi kesehatan.

Perlu diketahui, manfaat lengkuas sebagai obat tradisional ini tidak diragukan lagi karena rempah yang satu ini diketahui mengandung banyak sekali senyawa penting. Senyawa dalam lengkuas ini bisa bermanfaat bagi kesehatan, seperti galangin, asam felonik, polifenol hingga flavonoid.

Berikut ini lima manfaat lengkuas bagi kesehatan, yaitu:

  1. Meredakan Nyeri Pada Sendi

Lengkuas ini diketahui bisa untuk meredakan nyeri sendi, seperti pada kasus osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Lengkuas ini mengandung senyawa kimia antiradang yang bisa membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi.

  1. Meningkatkan Kesuburan Untuk Pria

Ada sebuah penelitian yang dilakukan selama tiga bulan kepada pria dengan kualitas sperma buruk hal ini menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung lengkuas ini dapat membantu meningkatan kualitas sperma.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Dengan mengonsumi lengkuas ini juga diduga bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung.

Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya kandungan antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

  1. Membunuh dan Menghambat Perkembangan Virus maupun Bakteri

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kandungan galangin dalam lengkuas ini bisa berpotensi menghambat perkembangan virus Corona.

Tak hanya itu, ekstrak lengkuas ini juga disebut memiliki kandungan antimikroba yang terbukti bisa membunuh bakteri penyebab berbagai macam penyakit.

  1. Mengurangi Risiko terkena Kanker

Ternyata lengkuas juga diyakini dapat membantu mengobati hingga mencegah penyebaran sel kanker, seperti kanker kolon, kanker serviks hingga kanker payudara. Tentunya, hal ini masih dibutuhkan bukti hingga penelitian lebih lanjut mengenai manfat lengkuas yang satu ini.

Lengkuas memang dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi dan mencegah sejumlah penyakit. Namun, sebaiknya jangan hanya mengandalkan lengkuas untuk mengatasi penyakit yang tersebut.

Sehingga manfaat lengkuas ini juga masih perlu dibuktikan. Bahkan, rempah ini juga diyakini dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti penurunan nafsu makan, buang air kecil berlebihan hingga diare, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *