6 Quote Kartini yang Membuatmu Mengagumi Kecerdasan dan Semangatnya dalam Mempersiapkan Wanita Indonesia!

Quote Hari Kartini 21 April
Quote Hari Kartini 21 April (Foto:https://www.twibbonize.com/)

Quote Kartini yang membuatmu mengagumi kecerdasan dan semangatnya dalam mempersiapkan wanita Indonesia.

Hari Kartini yang dirayakan setiap tanggal 21 April adalah peringatan bagi wanita Indonesia atas jasa-jasa Raden Ajeng Kartini, seorang pejuang emansipasi wanita pada zaman penjajahan Belanda.

Salah satu kata-kata yang sering dihubungkan dengan Hari Kartini adalah quote atau kutipan dari Raden Ajeng Kartini yang dianggap menginspirasi banyak orang.

Kutipan yang paling terkenal dari Raden Ajeng Kartini adalah “Habis gelap terbitlah terang”, yang sering diartikan sebagai harapan dan semangat untuk melampaui masa-masa sulit dan mencapai kebahagiaan dan keberhasilan di masa depan.

Kutipan ini juga menunjukkan optimisme dan keyakinan bahwa tidak ada yang mustahil jika seseorang memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk meraihnya.

Dikutip langsung dari laman Kumparan yang berdasarkan pada Ahmad Nurcholish dalam buku Celoteh RA Kartini merangkum 232 kata bijak dari RA Kartini.

Inilah enam quote atau kutipan dari RA Kartini, yaitu:

  1. “Habis gelap terbitlah terang”. Kutipan ini menggambarkan keyakinan Kartini bahwa meskipun masa lalu mungkin gelap, masa depan akan selalu menjadi lebih cerah.
  2. “Kita dapat menjadi manusia sepenuhnya tanpa berhenti menjadi wanita sepenuhnya.”
  3. “Bermimpilah terus, bermimpilah terus, bermimpilah selama kamu dapat bermimpi! Apabila tiada mimpi, apakah jadinya hidup? Keadaan yang sesungguhnya biasanya sangat kejam.”
  4. “Tidak menjadi soal bagaimana caranya mengabdi kepada kebaikan, asalkan baik saja.”
  5. “Barang siapa tidak dapat merasakan sakit, dia juga kebal terhadap rasa gembira. Barang siapa tidak menderita, tidak juga dapat merasakan nikmat yang sesungguhnya.”
  6. “Dan terhadap pendidikan itu janganlah hanya akal yang dipertajam, tetapi budi pun harus dipertinggi.”

Kutipan-kutipan atau quote dari Raden Ajeng Kartini ini menunjukkan betapa inspiratifnya pemikirannya dan betapa relevannya hingga saat ini.

Hari Kartini juga menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk merenungkan peran penting yang dimainkan oleh perempuan dalam pembangunan bangsa, serta untuk memperjuangkan hak-hak dan kesetaraan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan yang dihadapi oleh perempuan Indonesia, kutipan-kutipan dari Raden Ajeng Kartini menjadi semacam pemicu semangat untuk tetap berjuang dan menginspirasi perempuan-perempuan di Indonesia untuk terus berjuang meraih hak-hak yang setara dengan laki-laki.

Jadi, Hari Kartini ini adalah peringatan yang penting bagi masyarakat Indonesia, terutama perempuan, untuk merenungkan nilai-nilai dan semangat yang diperjuangkan oleh Raden Ajeng Kartini.

Kutipan-kutipan yang diucapkan oleh beliau menginspirasi banyak orang untuk menjadi lebih optimis, rendah hati dan memperjuangkan hak-hak serta kesetaraan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *