Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Dibuka Hari Ini, Berikut Cara dan Syarat Melamar

Cara Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023
Cara Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 (Tangkapan Layar:https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/)

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2023 pada hari ini, Kamis 11 Mei 2023.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi Rekrutmen Bersama FHCI BUMN.

Dalam proses ini, calon pelamar perlu mengetahui perusahaan BUMN mana saja yang membuka lowongan untuk memastikan kualifikasi yang tepat.

Syarat Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Namun, sebelum mendaftar, pastikan kamu memenuhi syarat yang telah ditentukan, seperti Warga Negara Indonesia (WNI), usia maksimal 27 tahun khusu untuk lulusan Diploma III per 1 Desember 2022

Sementara, usia maksimal 30 tahun untuk lulusan Diploma IV dan S1, serta 35 tahun untuk lulusan S2 pada tanggal yang sama.

Selain itu, pelamar juga harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.

Bukan hanya itu saja, pelamar juga perlu melampirkan dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian, sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi, dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

Jadi, sebelum melakukan pendaftaran online, calon peserta harus menyiapkan beberapa dokumen, seperti foto profil, KTP, ijazah atau surat keterangan lulus, transkrip nilai, SKCK (jika ada), sertifikat pelatihan atau bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan dokumen lainnya jika diperlukan.

Jika ada dokumen yang terdiri lebih dari satu file, pelamar diharapkan menyatukannya menjadi satu file dokumen.

Cara Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Berikut adalah tata cara pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023:

  • Buka terlebih dahulu situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dan klik “Register” pada pojok kanan atas halaman depan.
  • Isi seluruh data pribadi yang diminta, seperti nama, alamat, hingga nomor KTP.
  • Kemudian, lanjutkan dengan klik bagian “I’m not a robot” dan klik “Daftar”.
  • Setelah itu, pelamar akan menerima pesan untuk mengaktifkan akun pada alamat e-mail yang didaftarkan.
  • Klik “Aktivasi Akun” pada e-mail tersebut.
  • Setelah masuk pada halaman Curriculum Vitae (CV), pelamar harus mengisi semua data yang diminta pada halaman ini, seperti alamat, keluarga, pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, hingga media sosial.
  • Lanjutkan dengan klik “Save” apabila sudah yakin mengisi data dengan benar dan lengkap.
  • Setelah itu, pelamar akan masuk pada halaman lowongan perkerjaan yang tersedia pada Rekrutmen Bersama BUMN 2023.
  • Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada menu “Lowongan Tersedia”. Namun, pelamar hanya dapat melamar satu posisi dari keseluruhan BUMN.
  • Setelah menentukan posisi dan BUMN yang diminati, pelamar akan masuk pada halaman “Applicant Journey”.
  • Pelamar dapat memantau proses lamaran, detail jadwal, dan pengumuman pada halaman “Lamaran Saya” atau email resmi yang panitia rekrutmen kirimkan.

Perlu diingat bahwa tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran selain situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Pelamar juga diwajibkan memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi.

Selain itu, pelamar tidak diperbolehkan menggunakan alamat e-mail milik orang lain atau kantor dalam proses pendaftaran.