Segera Cek Sekarang, Inilah Cara Mengetahui Hp Kamu Disadap

Cara Mengetahui Hp Disadap
Cara Mengetahui Hp Disadap (Foto:Canva)

Cara mengetahui Hp disadap, yuk segera cek Hp sekarang. Hp adalah salah satu perangkat teknologi yang rawan akan penyadapan.

Hp ini digunakan sebagai perangkat komunikasi dan juga pendukung kegiatan harian serta juga bisa digunakan untuk menyimpan data-data penting, sehingga tidak heran jika Hp ini memang rawan disadap.

Cara mengetahui Hp disadap ini juga bisa terlihat dari beberapa tanda. Inilah tanda-tanda Hp milikmu disadap, yaitu:

  1. Baterai Menjadi Cepat Boros

Tanda yang pertama adalah baterai Hp menjadi lebih cepat habis walaupun sedang tidak digunakan, bahkan tak jarang juga ponsel menjadi memanas.

Hal ini juga bisa terjadi karena software penyadapan tersebut sedang berjalan. Walaupun ponsel kamu tidak menyala dan tanpa suara.

  1. Terdapat Bunyi yang Tidak Wajar

Hp kamu disadap juga bisa diketahui dari adanya suara atau bunyi yang tidak wajar saat kamu sedang bertelepon.

Misalnya ada suara dengungan, suara statis hingga bisa saja suara aneh lainnya. Bahkan, bunyi aneh tersebut juga bisa terjadi saat kamu tidak sedang bertelepon.

  1. Kegiatan Mencurigakan

Jika Hp kamu dalam kondisi mati, hidup atau meng-instal aplikasi sendiri, maka kemungkinan besar Hp kamu telah disadap atau dipasang aplikasi mata-mata.

  1. Muncul Iklan Pop-Up

Iklan pop-up aneh yang sering muncul pada layar ini juga bisa menandakan bahwa Hp kamu terserang malware atau telah terpasang aplikasi penyadapan.

  1. Ikon Bergerak

Jika bilah dan ikon aktivitas yang bergerak secara mendadak ini juga bisa menjadi pertanda telah terjadi kegiatan penyadapan.

Hal ini bisa terjadi karena ada seseorang yang sedang mengendalikan perangkat kamu dari jarak jauh.

  1. Muncul Pesan Aneh

Saat kamu sedang menerima pesan teks SMS yang berupa huruf dan angka yang tidak teratur dan dikirim dari nomor yang tidak dikenal, ini juga bisa menjadi salah satu cara seseorang yang sedang berusaha melakukan penyadapan pada perangkat kamu.

  1. Ada Permasalahan Saat Mematikan Ponsel

Jik Hp kamu menjadi susah untuk dimatikan dan kurang responsif. Dimana layar Hp kamu akan tetap menyala atau gagal saat mencoba menekan tombol power. Bisa jadi ini dikarenakan ada seseorang yang sedang mengakses ponsel kamu.

  1. Data Pribadi Tersebar

Cara mengetahui Hp disadap ini juga bisa dari data pribadi seperti gambar, dokumen, email dan file dalam ponsel tersebar secara mendadak.

Ini artinya peretas telah berhasil masuk ke dalam perangkat kamu dan mentransmisikan data kamu ke mereka.

  1. Tagihan Telepon Membengkak

Jika tagihan telepon kamu menjadi membengkak dibanding biasanya, bisa jadi bahwa ponsel kamu ini telah diretas. Namun, kondisi ini juga bukan menjadi indikasi utama. Bisa saja tagihan yang memebengkan ini karena data seluler banyak digunakan untuk mendownload beberapa aplikasi.

Jika Hp kamu memang benar telah disadap, ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan penyadapan tersebut.

Cara mengatasi HP disadap ini adalah bisa dengan menggunakan kode #002#. Kode angka tersebut merupakan sebuah kode yang bisa menghentikan bentuk penyadapan yang sedang terjadi pada ponsel kamu

Atau cara yang paling mudah adalah kamu bisa langsung reset ulang Hp kamu seperti pada awal pembelian atau awal pemakaian.