Tips Hemat Saat Travelling, Liburan Jadi Anti Boros

Tips Hemat Saat Travelling
Tips Hemat Saat Travelling (Foto:Canva)

Tips hemat saat travelling biar liburan kamu menyenangkan dan tentunya anti boros. Liburan memang selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan dan dinanti-nanti.

Tetapi, liburan akan menjadi kurang menyenangkan jika kamu terlalu boros dan akhirnya pengeluaran makin membludak.

Agar liburan kamu menyenangkan dan kamu tidak terlalu konsumtif saat liburan, bahkan pengeluaran kamu juga tidak menjadi membludak, maka kamu harus mencoba beberapa tips hemat ini saat travelling.

  1. Gunakan Transportasi yang Hemat di Kantong

Kebutuhan transportasi dan akomodasi ini menjadi hal yang paling banyak pengeluarannya. Apalagi kalau kamu asal pilih tanpa mencari tahu informasi lebih lanjut. Jadi, usahakan untuk mensurvei terlebih dahulu dan gunakan transportasi atau akomodasi dengan harga yang miring.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi mengenai rute transportasi umum dan biasanya dengan cara ini bisa memudahkanmu dalam berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

  1. Belilah Oleh-Oleh Seperlunya

Tips hemat yang kedua, cobalah untuk membuat batasan budget atau pengeluaran untuk oleh-oleh. Hal ini dilakukan sebagai langkah mengantisipasi kekalapan saat belanja oleh-oleh.

Jadi, kamu harus membatasi bugdet oleh-oleh kamu, ya.

  1. Pilihlah Makanan yang Pas di Kantong

Mencoba segala jenis kuliner yang ada di kota tempat kita liburan memang menjadi hal yang lumrah.

Tetapi, untuk menghindari pengeluran yang membludak ini kamu harus usahakan untuk mencari informasi seputar makanan yang lebih terjangkau.

Jika bisa, kamu dapat memanfaatkan dan mencari promo-promo makanan yang tentunya tetap enak dan gak bikin berat di kantong.

  1. Batasi Budget untuk Perharinya

Saat travelling sangat penting untuk membuat perecanaan, perencanaan ini dibuat salah satu tujuannya adalah untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Untuk itu dalam hal keuangan, kamu bisa membatasi budgetnya perhari. Sehingga, dalam waktu sehari itu kamu tidak akan mengeluarkan biaya yang diluar perencanaan yang sudah kamu buat.

Jadi, dengan adanya perencaan dan batas pengeluaran setiap harinya ini kamu akan dapat menghindari kemungkinan untuk boros.

  1. Utamakan Kebutuhan bukan Keinginan

Pastiny ada banyak hal yang kamu inginkan saat liburan, mulai dari makan enak, membeli oleh-oleh maupun mengunjungi destinasi yang populer.

Tetapi ingat ya, kamu tetap harus tahu mana yang menjadi prioritas dan keinginan. Sehingga, kamu harus mencoba untuk lebih memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan kamu.

Jika kebutuhanmu kamu sudah terpenuhi dengan baik dan keuangan kamu masih aman, maka kamu bisa beralih pada keinginan yang ingin kamu miliki dan lakukan.

Tapi, jangan sampai liburan kamu ini menjadi kalap dalam hal yang tidak semestinya dan ini nantinya akan membuat keuangan kamu menjadi boros.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *