Wika Salim Nyaris Jadi Korban Human Trafficking

 

JAKARTA – Siapa sangka artis Wika Salim nyaris jadi korban human trafficking. Janda cantik ini terjun ke dunia entertain bukan tanpa tantangan. Pahit getirnya sudah dia rasakan.

Wika Salim memang memiliki wajah cantik. Pas jika terjun ke dunia hiburan. Kecantikannya jadi nilai tambah tersendiri. Meski begitu, bukan berarti itu mudah bagi artis berdarah sunda ini.

Perjuangan Wika Salim terjun ke dunia hiburan tak semudah membalikkan telapak tangan. Dia bahkan pernah nyaris dijual oleh eks manajer demi mendapat modal terjun jadi penyanyi.

Nyaris jadi korban human trafficking, ia mengaku sangat trauma. “Bisa dibilang (traumatis sekali),” aku Wika Salim di studio Pagi Pagi Ambyar Trans TV.

Artis yang namanya ngetop berkat duet dengan Tukul Arwana di acara Bukan Empat Mata itu mengaku kejadian mengerikan itu sudah berusaha dia lupakan. Dia tak mau terbayang-bayang masa lalunya itu.

“Sebenarnya kalau aku sih kayak sudah, sudahlah, itu masa lalu. Jadi kayaknya ya kalau bisa dilupain saja,” ungkapnya.

“Supaya nggak jadi trauma, supaya nggak jadi kayak kalau diingat-ingat terus jadi makin tambah, gitu lukanya. Sekarang sih aku jadi lebih bisa lupa, sudah bisa. Aku harus lewati masa itu. Sekarang harus lebih hati-hati,” tegas wanita yang juga penyanyi dangdut ini.

Kini, wanita yang suka berkaca mata hitam ini bisa merasakan bagaimana kebanjiran job. Meski ada kalanya dia mengingat peristiwa dirinya nyaris dijual oleh mantan manajernya.

“Kalau lagi kerja biasanya masalah semua disimpan. Kalau sudah selesai, lagi istirahat, ada saja keingetan lagi. Kalau lagi kerja semua masalah dilupakan dulu. Kalau kita banyak diam, justru hal-hal itu malah jadi kepikiran,” tutur wanita cantik ini.

Kondisi tersebut sempat membuatnya ingin bunuh diri. Sekitar tahun 2016 saat dirinya masih berusia sekitar 25 tahun.

Awalnya, ia tergiur ingin terjun ke dunia hiburan karena merasa mudah mencari uang ketika sudah menjadi artis.

“Kalau yang pernah mau dijual itu, waktu itu namanya baru jadi penyanyi belum ngerti. ‘Lo mau nggak jadi artis?’ Dulu mau banget jadi artis karena yang ada dipikiran aku jadi artis banyak uangnya, gampang cari uangnya. Pengen deh,” ungkapnya.

“Dulu ditawarin. Awalnya dibilang mau manajerin, pas sudah ketemu malah mau ditawar-tawarin. Katanya, biar nanti kamu langsung naik kamu nanti sama ini ya, sama ini ya, kamu nemenin ini ya ke sini biar kita punya modal,” sambungnya.

Wika Salim diminta mendampingi pria hidung belang. Kelak bayarannya itu untuk modal dirinya berkecimpung di dunia hiburan.

Beruntung hal itu tak sampai kejadian, dirinya tegas tak ingin naik daun dengan cara jual diri. Saking traumanya, ia bahkan sampai muncul keinginan untuk bunuh diri.

“Belum (sampai kejadian) sih dan nggak kepikiran buat gitu. Kalau bisa ya jalannya yang benar-benar saja,” aku Wika Salim.(SW)