Apa Itu Rekening Koran? Cek Di Sini Fungsinya

Rekening Koran dan Fungsinya
Rekening Koran dan Fungsinya (Foto:Canva)

Apa itu rekening koran? Rekening koran ini berasal dari kata courant yang artinya adalah “sekarang” atau “sedang berlangsung”, sehingga dalam bahasa Inggris rekening ini disebut current account.

Rekening koran adalah salah satu dokumen yang berisi ringkasan transaksi keuangan yang akan disajikan secara menyeluruh dari suatu rekening dan biasanya rekening jenis ini bisa dimiliki pribadi maupun milik badan usaha.

Dalam jenis rekenin ini, umumnya akan menyajikan data transaksi di rekening bank secara menyeluruh, yaitu mulai dari saldo awal dan akhir bulan, transaksi debit dan kredit hingga nominal transfer.

Pencetakan rekening jenis ini juga biasanya dilakukan saat nasabah bank mengajukannya kepada pihak bank yang bersangkutan. Tetapi, ada beberapa bank tertentu yang rutin mengirimkan setiap bulannya.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin lama juga berpengaruh pada dunia perbankan, saat ini riwayat transaksi tersebut bisa kamu cek via internet banking atau mobile banking pada fitur mutasi rekening.

Walaupun begitu, mutasi rekening ini juga belum bisa menggantikan rekening koran secara menyeluruh.

Berikut ini beberapa fungsi dari rekening koran, yaitu:

  1. Untuk mengetahui ringkasan transaksi, hal ini menjadi fungsi paling dasar karena dapat membantu seseorang mengetahui ringkasan transaksi yang dilakukan pada rekening miliknya.
  2. Mengajukan visa, fungsi yang kedua adalah untuk mengajukan visa yang akan digunakan saat kamu ingin berlibur ke luar negeri atau perjalanan dinas.
  3. Menjadi bukti hukum, jenis rekening ini juga bisa sebagai bukti hukum apabila suatu saat terjadi perselisihan atas bukti transaksi.
  4. Audit keuangan perusahaan, hal ini tentu saja akan berfungsi bagi manajemen keuangan perusahaan.
  5. Mengajukan pinjaman, apabila kamu akan mengajukan suatu pinjaman atau kredit ke bank, biasanya kamu akan diminta untuk menyerahkan riwayat transaksi yang kamu lakukan. Jadi, dalam kondisi tersebut kamu bisa menggunakan rekening koran.
  6. Ikut lelang, saat kamu akan mengikuti pelelangan, maka setiap peserta yang ikut wajib menunjukkan bukti kepemilikan dana sebagai bukti kemampuan membayar jika menang dengan jumlah yang ia tawarkan, maka kamu bisa menggunakan rekening jenis ini sebagai buktinya.