Apa Itu SPMB? Inilah Bedanya dengan SBMPTN dan SNPMB

Apa Itu SPMB
Apa Itu SPMB (Foto:Canva)

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah ujian masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ini memiliki ketentuan maupun mekanisme yang berbeda pada tiap-tiap kampus.

Seleksi Mandiri, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan lain sebagainya ini termasuk ke dalam SPMB.

Jadi, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB ini merupakan salah satu bentuk ujian penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi negeri, selain program mandiri (melalui ujian mandiri) dan penyaluran minat dan bakat melalui sekolah-sekolah (dahulu PMDK).

Ujian ini umumnya akan dilaksanakan selama dua hari dalam setiap tahunnya secara serentak di seluruh Indonesia dan biasanya dilaksanakan pada awal bulan Juli.

Apa perbedaan SBMPTN dengan SPMB? Jadi, SBMPTN ini adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan seleksi ini untuk Universitas Negeri.

Sementara, SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ini untuk Universitas Negeri maupun Swasta.

Selain itu, apakah SPMB dengan SNPMB juga berbeda? SPMB ini tentu saja berbeda dengan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB.

SNPMB ini merupakan rangkaian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) secara nasional, sementara SPMB yang juga mencakup perguruan tinggi swasta (PTS) dan lain sebagainya.

Umumnya, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru pada tiap-tiap kampus ini juga memiliki sebutan yang berbeda.

Untuk dapat mengikuti SPMB tiap-tiap kampus, kamu bisa mengakses laman Universitas yang dituju.

Biasanya, mereka akan memiliki laman tersendiri untuk membagikan informasi terkait Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.

Sedangkan untuk SNPMB ini terdapat tiga jalur masuk, yaitu:

  • Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
  • Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
  • Jalur Seleksi Mandiri.

SNBP dan SNBT ini sepenuhnya akan dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sementara untuk jalur Seleksi Mandiri ini sepenuhnya dikelola langsung oleh PTN masing-masing.

Untuk alur pelaksanaan SNPMB 2023 ini diawali dengan melakukan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id).

Mulai dari kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP sampai dengan pada Pendaftaran UTBK-SNBT, pendaftar diwajibkan mempunyai akun SNPMB-BPPP melalui Single Sign On (SSO).